Tujuh Good Habits Orang Tiongkok, Kesaksian Para Mahasiswa RI

Tujuh Good Habits Orang Tiongkok, Kesaksian Para Mahasiswa RI

Sudrajat - detikEdu
Rabu, 25 Jan 2023 16:00 WIB
Mahasiswa Indonesia di Tiongkok
Foto: Edi Wahyono / detikcom
Jakarta -

Di era 1990-an, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya menjadi incaran banyak pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka. Menristek BJ Habibie kala itu termasuk yang gencar mempromosikan sekaligus memberikan beasiswa.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir ini, China atau Tiongkok ikut dilirik banyak pelajar. Ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelajar yang belajar di Negeri Tirai Bambu. Kedutaan Indonesia di Tiongkok mencatat, jumlah pelajar yang belajar di berbagai kampus di Tiongkok pada 2018 mencapai 14.233 jiwa. Jumlah ini meningkat 9,48% dibanding 2016, sebanyak 13 ribu jiwa.

Sejumlah mahasiswa Indonesia di Tiongkok mencatat setidaknya ada enam kebiasaan terpuji dari masyarakat setempat. Jutadi yang telah menyelesaikan studi bidang kedokteran dari Changsha Medical University menyebut masyarakat Tiongkok memandang waktu adalah uang.

"Mereka menyusun jadwal dengan ketat, dan selalu datang tepat waktu. Begitu juga dalam menyelesaikan setiap tugas selalu sesuai tenggat yang ditentukan," ujar lelaki asal Makassar, kelahiran 7 Juni 1999 itu dalam buku "Tiongkok Yang Kami Lihat".

Buku terbitan Alvabet, Oktober 2021 itu juga memuat kesaksian serupa dari Surotul Ilmiyah yang tengah menempuh program doktoral bidang epidemiologi di Xiangya School of Public Helath. Orang Tiongkok, kata perempuan asal Pasuruan itu, berpikir taktis, tak suka lelet, dan disiplin kerja menjadi prioritas.

"Tapi istirahat siang tepat waktu menjadi keseharian mereka agar badan tetap bugar," kata Surotul Ilmiyah dalam buku setebal 400 halaman itu.

Di luar soal disiplin, Faravita Firdausi Hisy asal Samarinda yang kuliah bidang kedokteran di Hubei University of Science and Technology mencatat ada enam good habits lainnya. Keenam hal dimaksud adalah:

1. Berjalan kaki. Para mahasiswa umumnya pergi-pulang ke kampus berjalan kaki. Hanya beberapa saja yang mengendarai sepeda onthel.
2. Makan tepat waktu. Setiap hari kantin di kampus menyiapkan makanan tiga kali, yakni sarapan pada jam 07.00, makan siang (11.40), dan makan malam (18.00) atau sebelum pukul 19.00. Para mahasiswa juga disiplin untuk tidak meninggalkan peralatan makan yang kotor di atas meja.
3. Membawa botol minuman sendiri, entah teh atau air putih. Apalagi kalau pergantian musim dari autumn ke winter, biasanya orang Tiongkok membawa air hangat di dalam botol.
4. Banyak makan buah. Setiap musim ada saja buah yang berbeda, bikin tubuh sehat
5. Tidur dan bangun tepat waktu. Jarang sekali mahasiswa lokal yang pergi ke kelas atau memenuhi janji pertemuan dengan terlambat
6. Rajin belajar, entah di kamar masing-masing, di perpustakaan, atau di taman dan lorong-lorong kampus. Apalagi saat mendekati masa ujian.



Simak Video "Sorotan Ahli Demografi soal Menyusutnya Populasi di China"
[Gambas:Video 20detik]
(jat/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia