PPI Dunia Tekankan 3 Fungsi Utama Diaspora Pelajar RI, Siap Kolaborasi

PPI Dunia Tekankan 3 Fungsi Utama Diaspora Pelajar RI, Siap Kolaborasi

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikEdu
Minggu, 27 Nov 2022 12:30 WIB
Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023
Foto: (Dokumentasi PPI Dunia)
Jakarta -

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) menekankan 3 fungsi utama diaspora pelajar Indonesia. PPI Dunia juga siap berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Pesan itu disampaikan Koordinator PPI Dunia Periode 2022-2023 Achyar Al Rasyid yang kepengurusannya dilantik pada Sabtu (26/11/2022) kemarin.

Secara garis besar, Achyar menjelaskan Keberadaan diaspora pelajar Indonesia di luar negeri memiliki tiga fungsi utama, demikian dilansir situs PPI Dunia dan keterangan tertulis PPI Dunia yang diterima detikEdu.

Pertama, fungsi diplomasi. Fungsi diplomasi pelajar Indonesia menurutnya berperan penting dalam mengkampanyekan ide-ide ke-Indonesiaan di luar negeri.

Kedua, fungsi pembangunan. Sebagai orang yang memperoleh kesempatan untuk menimba ilmu serta pengalaman di luar negeri dan menjadi harapan masyarakat di Indonesia, menurutnya PPI Dunia diharapkan bisa berkontribusi dalam pembangunan negara.

Ketiga, fungsi pemberdayaan. Program studi di luar negeri dianggap sebagai elemen penting dalam mengembangkan masyarakat ke depannya ketika para pelajar di luar kembali mengabdi di Indonesia.

Achyar juga menyampaikan bahwa PPI Dunia ke depan akan berkolaborasi dengan banyak pihak. Menurutnya bergotong royong dengan rekan-rekan adalah suatu keniscayaan yang harus dilakukan.

Ia juga menjelaskan, sejarah mencatat bahwa perjuangan untuk mewujudkan Indonesia merdeka melalui jalur politik diawali dengan pergerakan dan organisasi pelajar. PPI Dunia, imbuh Achyar, juga siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan agenda hilirisasi industri.

"PPI Dunia siap andil membantu pemerintah dari berbagai aspek. Termasuk kerjasama mendukung hilirisasi industri di Indonesia," tuturnya.

Ia juga meminta kepada pengurus PPI yang tersebar di 62 negara untuk bekerja sama mendukung setiap agenda pemerintah.

"Semua bisa dilakukan secara simultan. Termasuk agenda pengembangan sumber daya manusia," tambahnya.

Dalam acara Pelantikan Pengurus PPI Dunia Periode 2022/2023 itu, Menteri Kordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sambutan secara daring. Luhut mengapresiasi langkah kolaborasi PPI Dunia mendukung hilirisasi industri di Indonesia.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberi sambutan di Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberi sambutan di Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023 Foto: (Dokumentasi PPI Dunia)

"Dengan adanya hilirisasi Industri diharapkan sumber daya alam Indonesia yang melimpah yang diekspor keluar negeri memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Hal ini dapat membangun ekosistem industri nasional," tutur Luhut.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Rakyat Cina untuk Indonesia, Lu Kang, yang memberikan sambutan secara daring juga meminta agar mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI Dunia terus menyuarakan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Dubes Republik Rakyat China untuk Indonesia, Lu Kang dalam sambutan daring di Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023Dubes Republik Rakyat China untuk Indonesia, Lu Kang dalam sambutan daring di Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023 Foto: (Dokumentasi PPI Dunia)

"Saya juga akan terus mempromosikan kerja sama antara kedua negara China-Indonesia. Hal ini pasti akan mewujudkan lebih banyak prestasi dan pencapaian ke depannya," kata Lu Kang.

Lebih jauh, ia menginginkan agar mahasiswa Indonesia juga terus memperhatikan hubungan diplomasi. "Kerja sama antara China-Indonesia telah memberikan hasil yang nyata, tidak hanya menguntungkan kedua belah pihak, namun juga memberikan dampak positif di tingkat regional dan global," tutupnya.

Pelantikan Pengurus PPI Dunia Periode 2022/2023 digelar secara hybrid, daring dan luring, di kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Dalam acara ini, PPI Dunia menandatangani nota kesepahaman bersama PT VDNIP.

Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023Pelantikan Pengurus PPI Dunia 2022/2023 Foto: (Dokumentasi PPI Dunia)

Nota kesepahaman berisi di antaranya kajian pelestarian lingkungan, gerakan penghijauan, peluang internship (magang), riset penelitian, serta informasi lowongan pekerjaan. Nota kesepahaman diteken langsung Achyar Al Rasyid, Koordinator PPI Dunia periode 2022-2023 dan Direktur PT VDNIP, Mr Zhou Yuan. Salah satu poinnya menyatakan bahwa PPI Dunia dapat memberikan pertimbangan mengenai pelestarian lingkungan melalui hasil kajian akademik yang kemudian dijadikan kebijakan perusahaan.



Simak Video "Luhut Tegas Peringatkan AS: Jangan Ganggu Pertumbuhan Ekonomi RI! "
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia