Kisah Citra, Raih Silver Award Tingkat Asia di Kontes Robot Nusantara

Kisah Citra, Raih Silver Award Tingkat Asia di Kontes Robot Nusantara

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 29 Okt 2022 20:00 WIB
Citra, salah satu pemenang KRI 8
Citra, siswa madrasah peraih Silver Award di KRI ke-8, 2022. Foto: Dok. Kemenag
Jakarta -

Citra Adinda Maharani, siswa MAN 1 Kota Semarang, meraih Silver Award kategori Animation Scratch Senior dalam kompetisi 8th Kontes Robot Nusantara, Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools.

Kompetisi tersebut diselenggarakan International Youth Robot Competition (IYRA) bersama Universitas Indonesia, 21 Oktober 2022 lalu di Balairung UI. Kontes robotik ini diikuti peserta dari Indonesia, Malaysia, hingga Thailand.

Kontes Robot Nusantara sendiri merupakan event tahunan robotik siswa terbesar di Indonesia yang digelar sejak 2013.

Karya Citra

Citra, siswa MAN 1 Kota Semarang, mempresentasikan karya animasi berjudul Wayang Adventure via Zoom saat berkompetisi. Lewat karyanya, ia ingin menyampaikan pesan mengenai keindahan alam Indonesia dengan tokoh wayang.

"Game yang saya buat ini bertujuan memperkenalkan indahnya keberagaman di Indonesia, mulai dari keseniannya, tempat bersejarah, serta makanan daerah," kata Citra bercerita, dikutip dari laman Kementerian Agama, Sabtu (29/10/2022).

"Game yang saya buat ini bercerita mengenai perjalanan wayang dengan misi pertama menangkap makanan daerah, dan pada misi kedua menghindari salah satu flora di Indonesia, yaitu bunga bangkai," terang Citra.

Ia menjelaskan, dirinya menggunakan sprite dari berbagai sumber. Sprite adalah gambar dua dimensi atau gambar animasi yang memainkan peran tertentu di dalam lingkungan gambar yang lebih besar. Sprite juga lazim dikenal sebagai ikon.

"Komponen yang saya gunakan pada game ini adalah MRT Scratch dan smartboard. Sprite yang saya gunakan berasal dari website Freepik, Canva, OpenGameArt, giffer.com, itch.io, dan craftpix," jelas Citra.

Citra berharap agar kelak bisa terus mengembangkan kemampuan di bidang robotik. Baginya, pencapaian ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.

Ia pun menuturkan rasa syukurnya atas pencapaian ini setelah bekerja keras membuat animasi game selama kurang lebih 1 minggu. Citra mengatakan, prestasinya dalam kontes ini juga tercapai berkat doa dan dukungan orang tua, guru, dan teman-temannya.

"Terima kasih banyak kepada orang tua, Kepala MAN 1 Kota Semarang, para guru, serta teman-teman semua yang mendukung," pungkasnya.



Simak Video "Spider-Man Across The Spider-Verse Tayang 2 Juni 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia