Mahasiswa UPNVJ Masuk Billboard Times Square New York, Ini Sosoknya

Mahasiswa UPNVJ Masuk Billboard Times Square New York, Ini Sosoknya

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 25 Okt 2022 17:00 WIB
Raissa Anggaini, Mahasiswa UPNVJ yang Tampil di Billboard New York.
Raissa Anggaini, Mahasiswa UPNVJ yang Tampil di Billboard New York. (Foto: Tangkapan Layar Instagram @raissangaini)
Jakarta -

Prestasi internasional datang lagi dari mahasiswa Indonesia. Wajah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta itu terpampang di Billboard Times Square New York, Amerika Serikat. Siapakah dia?

Mahasiswa itu bernama Raissa Anggiani. Ia adalah mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jakarta.

Selain mengejar pendidikan tinggi, Raissa adalah penyanyi muda Indonesia yang baru meluncurkan debutnya pada 2020 silam. Lewat unggahan Instagram, Raissa menunjukkan potret dirinya di lokasi billboard paling bergengsi di Amerika.

"Jauh dari sini, tapi senangku luar biasa. melihat aku yang masih awal sekali menjejaki dunia musik & mendapat kesempatan berada disini bersama perempuan-perempuan hebat," ungkapnya dalam Instagram @raissaanggiani dikutip, Selasa (25/10/2022).

Perwakilan Indonesia dalam Kampanye EQUAL Spotify

Munculnya Raissa di Billboard Times Square New York karena ia terpilih sebagai cover playlist untuk EQUAL Indonesia. EQUAL sendiri adalah kampanye yang diinisiasi Spotify pada 2021 lalu sebagai bentuk dukungan kesetaraan gender di industri musik.

Hingga saat ini, setahun setelah peluncuran kampanye EQUAL, Spotify telah menampilkan 400 musisi perempuan dari lebih 50 negara. Program EQUAL dari Spotify bertujuan membantu para musisi perempuan untuk mendapatkan pengakuan atas hasil karya mereka.

Potret Raissa di Billboard NYC Times Square merupakan bentuk pengakuan internasional atas karya-karya Raissa sejak debutnya pada tahun 2020. Single Raissa If You Could See Me Cryin in My Room telah diputar hampir 94 juta kali, disusul Losing Us. 18 juta kali, Kau Rumahku 9,5 juta kali, dan Satu Tuju 6,7 juta kali.

Menurut Raissa, genre balada folk pop yang ia nyanyikanlah yang berhasil mensihir penggemarnya. Hal tersebut diakui oleh Raissa saat ditanya alasan Spotify EQUAL memilihnya sebagai salah satu ambassador dari Indonesia.

"Genre balada folk pop masih jarang dan sedang berkembang baik di Indonesia dan luar negerti. Aku rasa Spotify ingin memberi wadah untuk genre-genre alternatif untuk berkembang dan turut didengar oleh masyarakat luas," terang mahasiswa Ilmu Komunikasi itu dikutip dari situs UPNVJ.

Bersanding dengan Penyanyi Senior

Terpilihnya Raissa sebagai ambassador EQUAL yang ditampilkan di Billboard NYC Times Square menempatkannya bersama artis Indonesia lain yang telah menjadi bagian dari inisiatif program ini lebih dulu seperti Nadin Amizah, NIKI, Raisa, Rossa, Maudy Ayunda, Yura Yunita, Lyodra, Tiara Andini, Mahalini, Ramengvrl, Danilla, dan SIVIA.

"Aku bangga sekali dengan program EQUAL by Spotify ini, karena mereka mendukung musikus perempuan, sehingga seluruh komunitas musikus dapat sejahtera bersama tak peduli gendernya apa", ungkapnya.

Raissa berujar ia sangat senang mendapat kesempatan yang luar biasa meski perjalanan karirnya masih terbilang awal.

"Sebuah kesempatan yang luar biasa untuk diriku pribadi. Gak disangka, terpilih dalam Spotify Equal adalah salah satu goals-ku dan Alhamdulillah tercapai di tahun ini," jelasnya.

Raissa berharap dengan terpilihnya sebagai EQUAL by Spotify tahun ini, dapat menjadi perwakilan dari generasi muda untuk terus berkarya.

"Aku berharap terpilihnya aku bisa menjadikan 'Raissa Anggiani' sebagai representasi untuk anak muda lain bisa terus berkarya dan semangat dalam meraih mimpinya," tutup mahasiswa UPNVJ itu.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia