Alasan UI Gelar Lomba Lari pada Malam Hari di Bulan November

Alasan UI Gelar Lomba Lari pada Malam Hari di Bulan November

Devi Setya - detikEdu
Selasa, 18 Okt 2022 20:00 WIB
Shenzhen, ?hina - December 7, 2014: Five medical support people help  injured unidentified marathon runner  on the street,one runner running on the distance,shenzhen city,guangdong province,china
Ilustrasi lari maraton Foto: iStock
Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) menggelar Lomba Lari Maraton UI ULTRA 2022 yang dilakukan pada malam hari. Peserta lomba lari akan dimanjakan dengan suasana malam hari di area Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Komunitas FE UI Runners, salah satu komunitas pegiat olahraga lari di bawah Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) menginisiasi Lomba Lari UI ULTRA 2022 yang unik. Lomba lari UI Ultra 2022 ini menawarkan sensasi berbeda dengan berlari pada malam hari sehingga tidak perlu khawatir akan terpapar panas matahari.

Dikabarkan melalui laman resmi UI (14/10/2022), Lomba Lari UI ULTRA 2022 ini akan digelar di Kampus UI, Depok, pada Sabtu (26/11/2022) mendatang. Sesuai dengan temanya, lomba lari akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Race Director UI Ultra 2022, Dinny Dewanto mengatakan, lomba lari ini sengaja dihadirkan untuk memberikan pengalaman olahraga yang unik. Tentunya lomba lari ini dijalankan sesuai protokol kesehatan.

Digelar November

UI Ultra 2022 digelar pada Sabtu (26/11/2022) malam. Pihak panitia menjelaskan pemilihan waktu ini disesuaikan dengan perizinan dari pihak kampus.

"Dipilih November karena menyesuaikan waktu perizinan yg diperkenankan pihak UI, mengingat pada awal dan pertengahan tahun UI masih concern dengan pandemi COVID-19," ujar Dinny Dewanto saat dihubungi detikEdu dan ditulis Selasa (18/10/2022).

Rute Lari dan Biaya Pendaftaran

Rute lari berupa loop (putaran) di mana satu putaran berjarak 7 km. Peserta juga dapat memilih untuk menempuh jarak 70 km secara perorangan (individu) atau beregu (relay). Ada 4 kategori lomba, yaitu: individu, relay 2, relay 5, dan relay 10.

Pendaftaran UI Ultra 2022 dibuka sejak 26 Agustus 2022 lalu. Adapun biaya pendaftaran mulai Rp 650 ribu untuk kategori individual, Rp 1 juta untuk relay regu 2 orang, Rp 2 juta untuk relay regu 5 orang, dan Rp 3 juta untuk relay regu 10 orang.

Dinny menyampaikan, gelaran lomba lari ini sekaligus menjadi ajang gerakan sosial. Sebagian dana yang terkumpul dari UI Ultra 2022 akan disalurkan untuk Dana Abadiman Universitas Indonesia. Hal ini menjadi komitmen bahwa kegiatan yang digelar UI akan berdampak positif bagi sesama.

Dengan biaya pendaftaran lari maraton ini, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa racepack berisi jersey dan minuman selama lomba berlangsung. Di race village juga disediakan buah berupa pisang.

Nantinya para finisher akan mendapat medali sesuai kategori.

Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah

Untuk hadiah dari lomba lari maraton ini juga tidak kalah menarik. Dari setiap jarak dan kategori gender akan dipilih masing-masing 3 pemenang untuk juara 1, 2, dan 3.

Hadiah terbesar senilai Rp 15 juta untuk juara 1 race individual kategori pria dan wanita; Rp 10 juta untuk juara 2 dan Rp 5 juta untuk juara 3.

Hadiah untuk tim relay 2 kategori pria dan wanita masing-masing yakni Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 7,5 juta untuk juara 2 dan Rp 5 juta untuk juara 3.

Hadiah tidak kalah menarik juga bisa didapatkan tim relay 5 yang mendapat Rp 7,5 juta untuk juara 1, Rp 5 juta untuk juara 2, dan Rp 3 juta untuk juara 3.

Dan untuk tim relay 10 orang akan mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta untuk juara 1; 5 juta untuk juara 2 dan 3 juta untuk juara 3.

"Harapannya, event ini menjadi pilihan untuk runners yang ingin berlari lebih dari marathon, bisa berlari 70K individu. Semua runners akan diajak menikmati vibes kampus UI di malam hari, yang tetap terang walau malam, steril jalur larinya, dan tentunya teduh serta tidak panas karena malam hari," tutup Dinny.



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia