Putri Mahfud Md Dilantik Jadi Dokter Spesialis di Unair, Sebut Pesan Ayahnya

Putri Mahfud Md Dilantik Jadi Dokter Spesialis di Unair, Sebut Pesan Ayahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 28 Sep 2022 15:00 WIB
Putri kedua Mahfud Md dilantik jadi dokter spesialis di FK Unair
Putri Mahfud Md, Vina Amalia, dilantik jadi dokter spesialis di FK Unair. Foto: Humas FK Unair
Jakarta -

Putri kedua Mahfud Md, dr. Vina Amalia, Sp.KFR., M.Ked.Klin., dilantik menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Kamis lalu (22/9/2022). Selain telah memperoleh gelar spesialis, Vina juga sudah menuntaskan program magister Kedokteran Klinik.

Menekuni bidang ilmu yang jauh berbeda dari ayahnya, Vina mengaku tak pernah dituntut sang ayah menekuni bidang politik. Dia dibebaskan untuk memilih karier.

Memegang Pesan Mahfud Md

Dokter Vina menyatakan selalu memegang satu pesan dari Mahfud, yaitu bertanggung jawab atas pilihan yang diambil.

"Saya mengalir saja. Pesan Abah adalah jujur dan tanggung jawab agar tidak tersandung masalah hukum," ungkap putri kedua Mahfud Md itu, dikutip dari laman Unair.

Vina bercerita bahwa dia dan saudara-saudaranya menekuni bidang yang menjadi passion masing-masing. Kakak pertamanya juga menekuni kedokteran, sedangkan sang adik berkecimpung di bidang hukum.

Dia menegaskan memang terinspirasi kakak sulung dalam menggeluti bidang ini. Namun, ada alasan lain mengapa menjadi dokter adalah pilihannya.

Menurutnya, pihak keluarga pernah mengatakan bahwa dokter adalah profesi yang mengizinkan keluar malam tanpa di-judge atau dihakimi.

"Kalau ditanya kok pulang malam kenapa, kita jawab melayani pasien. Orang sudah tidak memandang buruk lagi," lanjutnya.

Akan Berkolaborasi Bersama Suami

Tekad Vina menekuni spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik tak lepas dari sosok suaminya. Sebagai istri dokter spesialis ortopedi, Vina menjadi terdorong untuk mengambil spesialis tersebut.

Awalnya, Vina berpikir bahwa rehabilitasi medik berkaitan dengan ortopedi. Namun, spesialisasi ini ternyata juga berkaitan dengan berbagai bidang lain.

"Ternyata pada saat saya masuk, spesialisasi ini berkaitan dengan banyak bidang. Mulai dari neurologi hingga anak," ujarnya.

Alumnus FK Unair itu menyebut tidak semua universitas memiliki pusat rehabilitasi medik. Oleh sebab itu, dia mengambil spesialis di Unair tersebut, terlebih jenjang sarjana juga diperolehnya dari sana.

Vina berharap setelah lulus bisa berkolaborasi bersama suami. Dia akan ikut mengabdi bersama pasangan di RSUD Probolinggo, Jawa Timur. Hal ini juga menjadi kesempatan supaya dia dapat berkumpul dengan dua anak mereka setelah harus terpisah selama menjalani pendidikan dokter spesialis.



Simak Video "Dokter Spesialis Paru Bicara soal Viral Emak-emak Inhalasi Hidrogen"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia