Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Dibuka, Pencinta Buku Yuk Merapat!

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Dibuka, Pencinta Buku Yuk Merapat!

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 19 Sep 2022 15:30 WIB
Jakarta -

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu (18/9/2022). Taman yang baru saja direvitalisasi ini merupakan bagian dari kawasan pembangunan berorientasi transit wilayah Blok M dan Sisingamangraja.

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu mulanya direvitalisasi untuk memperbaiki area cakupan hijau yang ada. Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta itu berharap taman ini bukan sekadar dijadikan sebagai ruang terbuka hijau, melainkan sarana literasi nasional.

"Dipastikan di tempat ini hidup kegiatan literasinya. Untuk bisa hidup, percayakan komunitas. Pemerintah siapkan infrastruktur, semua fasilitas pendukung. Begitu sampai konten, serahkan ke pegiat," kata Anies dikutip dari detikNews, Minggu (18/9/2022).

Taman ini awalnya dipugar sejak 2021 silam. Dalam situs MRT Jakarta, kawasan transit ini berusaha untuk memadukan kegiatan masyarakat dengan ruang publik agar akses transportasi lebih optimal.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini, Minggu 18 September Tahun 2022 Taman Literasi Martha Christina Tiahahu secara resmi saya nyatakan digunakan," ucapnya.

Fasilitas Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Tak sekedar ruang terbuka hijau, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu menyediakan beberapa fasilitas baru. Dalam Instagram resminya @tamanliterasi.jkt, taman ini menyediakan fasilitas perpustakaan, plaza anak, healing garden, dan amphitheatre.

Memiliki luas sekitar 9.170 meter persegi. Taman ini memiliki enam plaza yaitu Plaza Utara, Plaza Kabaresi, Plaza Bunga, Plaza Selatan, Plaza Anak serta Plaza Timur.

Banyak ruang untuk membaca, taman yang berlokasi di Jaksel ini juga menyediakan ratusan koleksi buku. Ada lebih dari 300 koleksi buku yang bisa pengunjung akses melalui smartphone.

Cukup dengan melakukan scan barcode Titik Baca, pengunjung sudah bisa mengakses koleksi yang terhubung langsung dengan Perpustakaan DKI Jakarta.

Selain itu, Taman Literasi Christina Martha Tiahahu juga akan membuka ruang diskusi, toko buku, kedai kopi, musala, dan kantor. Cocok banget nih buat kamu si pecinta buku. Tertarik berkunjung, detikers?

(nir/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia