Deretan Gelar Megawati, Doktor hingga Profesor Kehormatan

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 18:00 WIB
Presiden Seoul Institute of the Arts (SIA) Nam Sik Lee (kiri) menyerahkan piagam gelar profesor kehormatan bidang kebijakan seni dan ekonomi kreatif dari Seoul Institute of the Arts (SIA) kepada Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
di Seoul, Korea Selatan, Rabu (11/5/2022). ANTARA FOTO/HO/Dok PDIP/pras/foc.
Ilustrasi Megawati saat dikukuhkan sebagai doktor kehormatan Foto: ANTARA FOTO/HO
Jakarta -

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, hadir dalam kickoff Penurunan Stunting oleh BKKBN (8/8). Dalam kesempatan ini Megawati menyebutkan dirinya memiliki beberapa gelar.

Putri dari Presiden Soekarno ini mengatakan, saat ini dirinya mempunyai 2 gelar profesor dan 9 gelar doktor honoris causa. Deretan gelar ini disebutnya masih akan terus bertambah.

"Belum lagi doktor honoris saya 9, masih nunggu lagi 5, apa tidak bingung ya? Berarti di RI hanya saya satunya lho yang prof mau 3, doctor honoris causanya 15," ucap Megawati seperti dikutip dari YouTube channel BKKBN.

Arti gelar doctor honoris causa

Dikutip dari data detikcom, doctor honoris causa adalah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi atau universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut. Meskipun tidak perlu mengikuti kegiatan kuliah, gelar ini tidak bisa diberikan secara sembarangan.

Untuk mendapatkan gelar doctor honoris causa, seseorang harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya sarjana dan berjasa luar biasa dalam pengembangan suatu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, kemasyarakatan dan atau kemanusiaan.

Gelar doctor honoris causa tertuang di dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.036/U/1993 tentang Gelar dan Sebutan Lulusan Perguruan Tinggi sebagai pelaksanaan dari ketentuan BAB VII Peraturan Pemerintah No.30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.

Gelar Megawati Soekarnoputri

Berikut ini deretan gelar doktor honoris causa yang pernah diterima Megawati:

1. Dr Hc dari Waseda Tokyo

Megawati menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang pada 2001.

2. Dr Hc dari Moscow State Institute of International Relation

Megawati juga pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Moscow State Institute of International Relation di Rusia pada 2003.

3. Dr Hc dari Korea Maritime and Ocean University

Megawati pun pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan pada 2015.

4. Dr Hc dari Unpad

Meskipun pernah DO dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa dari kampusnya itu pada 2016.

5. Dr Hc dari UNP

Megawati juga pernah mendapat gelar honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) pada 2017.

6. Dr Hc dari Mokpo National University

Gelar doktor honoris causa keenam yang diperoleh Megawati berasal dari Mokpo National University di Korea Selatan pada 2017.

7. Dr Hc dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Megawati juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada 2018.

8. Dr Hc dari Fujian Normal University

Gelar doktor honoris causa kedelapan Megawati adalah di bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China pada 2018.

9. Dr Hc dari Universitas Soka Tokyo

Megawati pun pernah mendapatkan gelar doktor honoris causa untuk bidang kemanusiaan dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang, pada 2020.

10. Prof Dr (HC) dari Universitas Pertahanan (Unhan)

Melalui sidang senat terbuka Universitas Pertahanan, Megawati dikukuhkan sebagai profesor Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Unhan. Gelar ini diberikan pada Juni 2021.

11. Prof Dr (HC) dari Seoul Institute of the Arts (SIA)

Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA). Gelar ini diberikan karena Megawati dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap perdamaian dunia, membangun demokrasi, serta komitmen terhadap lingkungan dan kebudayaan.

Itulah beberapa gelar doktor dan profesor kehormatan yang pernah dikukuhkan untuk Megawati Soekarnoputri.



Simak Video "Megawati Soroti Kasus Kopda Muslimin: Ironis Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia