Cerita Heero, Peringkat 3 Dunia MOS & Adobe World Championship AS

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 02 Agu 2022 20:30 WIB
Heero, peringkat 3 dunia MOS & Adobe World Championship 2022 spesialisasi Ms. Excel.
Heero, peringkat 3 dunia MOS & Adobe World Championship 2022 spesialisasi Ms. Excel. Foto: Dok. SMA Pradita Dirgantara
Jakarta -

Heero Ramadhana Sipayung berhasil meraih peringkat ke-3 dunia pada ajang Microsoft Office Specialist (MOS) & Adobe World Championship 2022 spesialisasi Microsoft Excel di Disneyland Resort, Anaheim, California, Amerika Serikat, 24-27 Juli 2022. Di ajang ini, ia bersaing dengan para delegasi dari 21 negara yang berprestasi internasional.

Sebelum berlaga di kompetisi internasional, siswa SMA Pradita Dirgantara (PD) ini menyisihkan siswa pesaing dengan meraih peringkat 1 nasional kategori Microsoft Excel 2019. Heero juga berhasil mendapatkan skor sempurna atau 1.000/1.000 pada ujian sertifikasi Ms. Excel.

Bagi Heero, suasana saat bertanding di kompetisi internasional MOS maupun mengikuti ujian sertifikasi Ms. Excel sama-sama menegangkan di awal, tetapi dirinya berusaha santai saat mengerjakan proyek yang diinstruksikan. Namun, materi yang diujikan di ajang internasional butuh persiapan lebih jauh.

"Materi ketika berada di kancah internasional cukup berbeda, materinya jauh lebih advance dan sangat direkomendasikan buat menyelesaikan ujian sertifikasi yang expert,"kata Heero pada detikEdu, Selasa (2/8/2022).

Heero SipayungHeero meraih peringkat 3 dunia setelah berjuang di ujian sertifikasi Ms. Excel, menjalani kompetisi internasional, hingga menghadapi 2 sesi di MOS World Championship 2022 spesialisasi Ms. Excel. Foto: Dok. SMA Pradita Dirgantara

Heero bercerita, cara pengerjaan soal di tingkat dunia sangat berbeda dengan ujian sertifikasi. Ketika ujian sertifikasi, para peserta tinggal mengikuti instruksi yang diberikan dan mencoba menyelesaikannya sepresisi dan secepat mungkin. Namun, ketika berada di tingkat internasional, soalnya dibagi menjadi 2 sesi.

Pada sesi pertama, Heero harus membuat project baru yang semirip mungkin dengan sebuah project yang sudah jadi. Terdapat petunjuk cara pengerjaan secara umum, tetapi butuh mencari tahu detailnya sendiri lebih jauh.

"Pada sesi kedua, terdapat sebuah client yang akan menceritakan sedikit tentang perusahaan mereka. Seperti apa perusahaannya, apa tujuannya, visi misinya. Tugas kita adalah menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan Ms. di kategori masing-masing sesuai dengan data-data yang diberikan," kata Heero.

Melangkah ke jenjang internasional, Hero bertanding bersama 4 perwakilan dari Indonesia yang telah menyelesaikan MOS World Championship. Masing-masing mewakili MOS Excel 2019, MOS Word 2019, MOS PowerPoint 2019, dan Adobe Certified Professional.

Heero sendiri sebagai perwakilan di kategori MOS Excel 2019 menghadapi materi terkait fitur-fitur Ms. Excel 2019, antara lain tabel, pivot table, chart, pivot chart, serta fitur dan rumus-rumus Excel 2019 lainnya.

"Tantangan tersulit yang saya hadapi adalah ketika berada di tingkat internasional, di mana saya harus memahami apa yang client saya inginkan," tuturnya.

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi, bagaimana siswa SMA ini mempersiapkan diri berlaga di kompetisi internasional tersebut? (detik.com/tag/kompetisi)

Persiapan dan Arti Penting Kompetisi

MOS & Adobe Certified Professional National Championship telah diselenggarakan sebanyak tiga kali sejak 2019. Selama dua tahun terakhir, sebelum menuju tingkat internasional, diadakan kompetisi yang cukup ketat di tingkat nasional.

"Alasan ikut lomba ini karena di SMA PD sudah terbiasa ikut ujian sertifikasi Microsoft Office sebagai penilaian dari pelajaran IT. Tahun lalu, saya sempat ikut lomba, tapi tidak menang. Jadi saya ingin coba lagi di tahun ini, ternyata puji syukur di tahun ini mendapatkan skor [ujian sertifikasi] 1.000 dan dapat kesempatan ke California," cerita Heero.

Meskipun sudah ikut ujian sertifikasi hingga empat kali, Heero mengaku merasa kesulitan saat mencoba berlomba di tingkat nasional. Dengan usahanya, ia berhasil meraih juara 1 nasional kategori Microsoft Excel 2019.

Bagi Heero, ujian sertifikasi menjadi bukti nyata yang menandai kecakapannya. Sertifikasi juga menjadi upaya baginya untuk melamar di universitas maupun pekerjaannya kelak.

"Terlebih lagi saya ingin menjadi data scientist di kemudian hari, yang mana skill mengolah data itu cukup penting. Saya juga berpendapat bahwa memenangkan kompetisi akan membantu saya ketika akan apply ke universitas, apalagi ketika menang sampai ke tingkat dunia," tuturnya.

Tips Jago Ms. Excel

Guru IT SMA PD, Yohanes Parsaoran Selano, yang selama ini membimbing Heero, mengungkapkan bahwa sang siswa punya kelebihan tersendiri di penguasaan Microsoft Excel.

Selama ini, menurut Yohanes, Heero juga tidak hanya menggunakan Excel dengan biasa, tetapi mau belajar memanfaatkan setiap fitur dan fungsi pada aplikasi buatan Microsoft tersebut.

"Selama saya mengajar di kelas, memang ananda Heero ini cukup menonjol. Misalnya, saat saya mengajarkan sebuah rumus, ia cepat menguasainya. Bahkan di beberapa kesempatan, Heero ini sudah tahu lebih dulu rumusnya," tutur Yohanes.

Heero mengatakan, mencoba semua fitur yang ada di Ms. Excel penting untuk penggunanya ketimbang menghafal rumus.

"Mengenai hafalan rumus sebenarnya tidak perlu dihafal, karena terdapat fitur di Excel yang akan memberi tahu fitur mana yang dapat kita gunakan ketika kita ingin melakukan sesuatu. Bahkan, Excel juga memberikan value-value apa saja yang dibutuhkan," terang Heero.

Sementara itu, untuk menghadapi kompetisi Ms. Excel, ia juga berpesan untuk memaksimalkan semua fitur yang ada di software tersebut. Sebab, sambungnya, penilaian dihitung dari seberapa banyak fitur yang bisa peserta gunakan dalam Ms. Excel.

Berdasarkan laman MOS World Championship, prestasi Heero diganjar dengan hadiah uang tunai senilai USD 1.500 atau setara Rp 22 juta, sertifikat, dan medali dari Microsoft. Seluruh biaya keperluan selama mengikuti kejuaraan di California juga ditanggung MyEduSolve sebagai penyelenggaranya.

Bagaimana detikers, tertarik ikut kompetisi Microsoft juga seperti Heero? Semangat berlatih, ya!



Simak Video "Microsoft Pangkas Lowongan Kerja Imbas Melemahnya Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia