ADVERTISEMENT

Gladys Rizqi Lulus dengan Double Degree di Unair & QUT Australia, Kok Bisa?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 16:00 WIB
Gladys Aulia Rizqi jadi wisudawan Double Degree di Unair dan QUT
Foto: Doc. unair.ac.id/Gladys Rizqi Lulus dengan Double Degree di Unair & QUT Australia
Jakarta -

Gladys Aulia Rizqi adalah wisudawan Universitas Airlangga (Unair) periode Juni 2022 yang mendapatkan dua gelar sekaligus. Gladys berhasil menuntaskan studi S1 Psikologi dan Bachelor of Behavioural Science (Psych).

Gelar ganda itu didapat Gladys berkat mengikuti program double degree di Queensland University of Technology (QUT) di Brisbane, Australia.

Ikut IUP Unair

Gladys menceritakan bahwa program double degree ini diawali dengan mengikuti International Undergraduate Programme (IUP).

Sarjana Psikologi itu mengungkapkan bahwa keinginannya mengikuti IUP Unair sudah muncul dari SMA.

"Jadi saat SMA saya tertarik dengan psikologi Unair dan saya research sendiri melalui websitenya. Saya menemukan program Double Degree 2+2 pada saat itu," jelas Gladys dikutip dari laman Unair, Jumat (1/7/2022).

"Membaca program tersebut dan saya tertarik karena bisa berkesempatan kuliah di Unair dan di Australia serta mendapat dua gelar. Sejak saat itu bertekad untuk mendaftar pada program itu ketika saya lulus," imbuhnya.

Mengejar Syarat IPK hingga Aktif Kegiatan

Selama menempuh studi S1 di Fakultas Psikologi Unair, Gladys juga bercerita selalu belajar keras agar IPK-nya tercukupi untuk bisa memenuhi persyaratan lanjut ke QUT.

Meski begitu, Gladys tetap aktif dalam kegiatan disamping perkuliahan, seperti menjadi anggota UKM Fotografi, menjadi pengurus non atlet di UKM Basket, mengikuti kepanitiaan rektor cup tahun 2019, dan kepanitiaan lomba basket psychofest tahun 2019.

"Selain itu saya juga mengikuti kursus bahasa Inggris dan persiapan IELTS guna mempersiapkan lanjut ke QUT di IALF," ungkapnya.

Merasakan Lockdown di Australia

Setelah dinyatakan lulus program, Gladys berangkat ke QUT Brisbane, Australia pada Februari tahun 2020 dan sebulan setelah itu pandemi COVID-19 melanda.

Perempuan asal Kediri itu juga becerita awal mula adaptasi kuliah dan merasakan lockdown di Australia.

"Saat itu saya ingat sekali mendapat tugas essay pertama disana, saya mendapat nilai yang jelek yang membuat saya down pada saat itu. Tetapi saya tetap tidak menyerah dan setelah saya beradaptasi saya enjoy dengan semua itu. Bahkan saya juga sempat balik ke Indonesia dan tidak bisa kembali selama setahun (tahun 2021)," papar Gladys.

Dalam menjalani studi di QUT, Gladys juga mengungkapkan mengalami proses yang tidak mudah. Ia sempat mengalami gagal dalam suatu tugas kuliah, namun tetap tidak menyerah walaupun kesusahan dalam tugas dan mata kuliah yang diambil.

"Alhamdulillah saya tetap bisa lulus tepat waktu dan saya kembali terbang ke Australia pada April 2022 kemarin untuk wisuda di QUT," tuturnya lebih lanjut.

Tips Mengikuti Program Double Degree

1. Aktif dalam Kegiatan/Program Kampus

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti double degree, Gladys menjelaskan bahwa disamping perkuliahan usahakan untuk tetap berkontribusi aktif di fakultas maupun universitas.

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan Universitas untuk outbound seperti exchange guna memperluas jaringan, pengetahuan dan pengalaman.


2. Persiapan Tes Bahasa Inggris

Bagian terpenting menurut Gladys, mahasiswa harus mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik seperti mengikuti kursus dan mengambil IELTS.

"Untuk yang ingin ikut double degree, selain belajar untuk mata kuliah bisa ikut kursus bahasa Inggris seperti persiapan IELTS jauh-jauh hari, research tentang negara yang mau dituju bisa menghubungi kakak tingkat yang juga berkuliah di sana untuk bertanya seputar kuliah, culture, dan lain-lain," jelasnya.


3. Perbanyak Informasi

Gladys menekankan bahwa mahasiswa perlu banyak mencari tahu informasi agar bisa mempersiapkan diri agar lebih matang dan yakin.

Menurutnya, terkadang mahasiswa berpikir jika sekolah di luar negeri susah, mahal, dan ribet. Padahal jika kita tahu semua informasi, ketakutan-ketakutan itu tidak terjadi.

"Oleh karena itu harus fokus dan meyakinkan diri sendiri untuk bisa berangkat double degree," ujar Gladys.

Terakhir, dia juga berpesan bahwa dalam setiap perjalanan, peran orang tua sangat penting. Terutama dalam hal mendukung dan memotivasi agar tetap yakin terhadap diri sendiri.

"Terutama ayah saya yang sudah support saya dalam mewujudkan keinginan untuk mengambil program double degree dan bisa berkuliah di Australia. Ibu saya juga selalu memotivasi saya untuk tetap yakin kepada diri sendiri dan memanfaatkan kesempatan yang ada secara maksimal," tutup lulusan S1 psikologi Unair itu.



Simak Video "Skema Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih Unair"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia