Juara Umum Kompetisi Internasional, Begini Inovasi Robot Kapal ITS

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 28 Jun 2022 09:30 WIB
Tim ITS meraih juara umum dengan prototipe robot kapal Nala Theseus
Tim mahasiswa Barunastra ITS menjadi juara umum dengan prototipe robot kapal Nala Theseus. Foto: Dok. ITS
Jakarta -

Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi Juara Umum di International Roboboat Competition (IRC) 2022, Florida, Amerika Serikat, Minggu (26/6/2022). Ajang tahunan bertaraf dunia ini digelar Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI).

External Relations Barunastra ITS Fatahillah Muhammad Daffa Shodiq menjelaskan, prototipe robot kapal ITS bersaing dengan karya mahasiswa kampus internasional, antara lain dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Michigan, Institute Tecnologico y de Extudios Superiores de Monterrey, Robotics Association of Embry-Riddle, AGH University of Science and Technology, Tel Aviv University, dan lain-lain.

Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini merinci, tiap kampus harus bersaing dalam dua sublomba, yaitu Design & Documentation dan Autonomy Challenge. Pada sublomba pertama, peserta ditantang untuk membuat technical design report mengenai kapal buatannya dan competition strategy yang dibagikan di YouTube.

Sementara itu, di sublomba Autonomy Challenge, robot kapal tiap kampus ditantang untuk menjalankan berbagai misi seperti navigation channel, avoid the crowds, find a seat at the show, snack run, skeeball game, dan water blast.

Tim Barunastra ITS berhasil menyabet Juara I pada kedua sublomba tersebut. Di samping itu, tim mahasiswa yang berdiri sejak 2012 tersebut menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyelesaikan semua misi pada Autonomy Challenge.

"Dengan begitu, Tim Barunastra ITS berhasil meraih titel Juara Umum pada IRC 2022 ini," kata Fatah dalam laman kampus, Senin (27/6/2022).

Inovasi Robot Kapal ITS Nala Theseus

Prototipe Nala Theseus, robot kapal ITS.Prototipe Nala Theseus, robot kapal ITS. Foto: Dok. ITS

Fatah mengatakan, prestasi prototipe robot kapal ITS "Nala Theseus" tersebeut tidak luput dari inovasi yang dikembangkan Tim Barunastra. Ia menjelaskan, kapal ini mengusung konsep modularity sehingga dapat menampung banyak muatan di atas kapal.

Konsep desain modularity turut membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) yang memudahkan pengguna.

"Sehingga dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya," terang Fatah.

Hull kapal Nala Theseus juga kedap air karena pengembangan sistem watertight hull. Inovasi ini turut memastikan keamanan komponen elektrikal di dalam kapal.

"Inovasi ini dibuat karena pada tahun sebelumnya kapal buatan Barunastra ITS sempat mengalami kebocoran sehingga menyebabkan kerusakan komponen elektrikal," kata Fatah.

Di bagian penggerak, kapal Nala Theseus menggunakan sistem holonomic movement. Inovasi ini memungkinkan kapal bergerak secara holonomic atau tanpa mengubah arah hadap kapal.

Barunastra ITS menggunakan konsep retro futuristic pada video competition strategy pada sublomba Design & Documentation.

"Tidak hanya itu, Barunastra ITS menggabungkan simulasi-simulasi 3D agar video mudah dipahami," terangnya.

Fatah berharap, prestasi internasional mahasiswa ITS ini bisa jadi titik awal perkembangan kapal autonomous di Indonesia.

"Selain itu, harapannya nama Indonesia akan semakin terdengar di dunia maritim internasional, begitu pun dengan nama ITS, Barunastra ITS dan Robotika ITS," pungkasnya.



Simak Video "Kontribusi Moorissa Tjokro untuk Indonesia: Edukasi Generasi Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia