ADVERTISEMENT

Kembangkan Tablet untuk Mahasiswa di Daerah 3T, ITS Gandeng Perusahaan

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 16 Jun 2022 12:30 WIB
Tablet Merah Putih DigITS
Mengintip tablet DigITS, tablet Merah Putih dari ITS, PT Panggung Electric Citrabuana, dan Kemendikbudristek. dan Foto: Dok. ITS
Jakarta -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui PT ITS Tekno Sains mengembangkan tablet Digital Transformation Services of ITS (DigITS) bersama PT Panggung Electric Citrabuana. Tablet DigITS dirancang sebagai fasilitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mahasiswa di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) agar dapat mengakses bahan ajar.

Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT mengatakan, tablet DigITS adalah tablet merah putih yang diamanahkan Kemendikbudristek kepada empat perguruan tinggi, salah satunya ITS. Gunarta menyebutkan bahwa DigITS akan diproduksi sebanyak 5000 buah dengan tiga tipe warna, antara lain hitam, abu-abu, dan putih.

"Nantinya, 5000 tablet DigITS ini akan disebarluaskan oleh Kemendikbudristek ke kampus-kampus di wilayah 3T," katanya, dikutip dari laman kampus, Rabu (14/6/2022).

Gunarta menambahkan, pengembangan tablet ini juga termasuk rangkaian peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) industri elektronik di Indonesia.

Mengintip Pengembangan Tablet Merah Putih di ITS

Ketua Tim Penelitian Pengembangan Tablet Merah Putih Dr Ir Achmad Affandi DEA mengatakan, tablet DigITS memiliki layanan DigITS Apps hingga SatuDikti. Ia menjelaskan DigITS Apps adalah tempat memperbaharui aplikasi DigITS di perangkat secara berkala. Fungsi DigITS Apps serupa dengan mini Playstore di handphone Android.

Affandi mengatakan, berbagai aplikasi buatan inovator ITS akan dapat digunakan dan diunduh melalui DigITS.

"Aplikasi-aplikasi milik DigITS diletakkan di sana agar pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi milik ITS yang mereka butuhkan," jelas Affandi

Sementara itu, SatuDikti adalah platform yang terintegrasi untuk mendukung berbagai layanan pada perguruan tinggi dengan Dikti. Ada juga layanan katalog berisi materi perkuliahan dan pembelajaran digital berbagai program studi. Katalog pembelajaran digital ini dikurasi SPADADIKTI, sistem pembelajaran daring milik Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kemendikbudristek.

Tablet besutan ITS ini juga rencananya akan memiliki layanan Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia atau idREN. idREN adalah infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi atau komunitas riset dengan pendidikan di Indonesia. Layanan untuk pemakai tablet dibuka di laman digits.itsteknosains.co.id.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menjelaskan, tablet DigItlTS ini merupakan wujud implementasi dari kerja sama triple helix ABG (Academic, Bussiness, and Government) atau institusi akademik, bisnis, dan pemerintah. Ia berharap, tablet karya anak bangsa ini dan dukungan Kemendikbudristek bisa meningkatkan taraf pembelajaran dan kemudahan mengakses bahan ajar.

"Dengan kerja sama antar berbagai pihak ini, 5000 tablet DigITS ini (harapannya) bisa berjalan dengan baik dan segera dapat digunakan untuk memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia," kata rektor ITS ini.



Simak Video "Selain Laptop, Huawei Perkenalkan Tablet Baru Seharga Rp 4 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia