Bangga! Mahasiswa Undip Raih Perunggu di SEA Games 2021 Vietnam

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 27 Mei 2022 14:15 WIB
M. Hafizh, mahasiswa Undip berhasil meraih medali perunggi di SEA Games 2021.
M. Hafizh, mahasiswa Undip berhasil meraih medali perunggi di SEA Games 2021. Foto: Dok. Undip
Jakarta -

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) M. Hafizh meraih medali perunggu pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Hafizh meraih medali melalui cabang olahraga Taekwondo pada nomor Men's Team Recognized Poomsae. Bersama Muhammad Alfi Kusuma dan Muhammad Rizal, Hafizh berhasil mengamankan medali Perunggu setelah meraih 7.466 poin.

Dua minggu sebelumnya, atlet Taekwondo kelahiran Yogyakarta, 18 Agustus 2000 ini juga meraih medali perunggu pada ajang GOYANG 2022 World Taekwondo Poomsae Championships di Korea Selatan pada 21-24 April 2022 lalu.

"Tujuan sebenarnya SEA Games. Kita menjalani pelatnas dari tahun lalu dan dalam persiapan tersebut, kita mengikuti beberapa kali kejuaraan sebagai evaluasi dan agar semakin mantap persiapannya," kata mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip angkatan 2019 ini, dikutip dari laman kampus, Jumat (27/3/2022).

"Persiapannya satu tahun dari Mei 2021, dan hanya berjarak 2 minggu dari Kejuaraan Dunia terakhir, membuat kami lebih percaya diri dan yakin untuk SEA Games kemarin. Setiap program latihan dan materi dari pelatih sudah kita jalani dengan baik," imbuhnya.

Ajang kejuaraan dunia taekwondo GOYANG 2022 World Taekwondo Poomsae Championships merupakan ajang bergengsi yang diikuti atlet dari 62 negara. Di gelaran olahraga tersebut, Hafizh berlaga di kelas Beregu Putra Poomsae Recognize bersama rekan atlet lainnya asal Jawa Barat, Muhammad Alfi dan Muhammad Rizal dan mengalahkan taekwondoin asal Amerika Serikat.

M HafizhM Hafizh, mahasiswa Undip berhasil meraih medali perunggi di SEA Games 2021. Foto: Dok. Undip

Atlet asal Dojang Koguryo Manahan Solo ini tekun berlatih dan mengikuti berbagai kompetisi tingkat provinsi serta nasional hingga menapaki pertandingan tingkat internasional. Pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung, Hafizh meraih perak.

Masuk masa kuliah, semangat bertanding mahasiswa berprestasi ini tidak surut. Ia meraih medali emas di Kejurnas Krakatau Open, Oktober 2020 dan Kejurnas Papua Open, Mei 2021 (Emas), perak di Bandung International ePoomsae 2021, serta emas di Kejuaraan Internasional Biho, April 2021 dan Kejuaraan Internasional Gorontalo Open, September 2021.

Hafizh juga mengukir prestasi lewat perolehan medali perunggu di Kejuaraan Internasional Baekseok Korsel, Juni 2021 dan pada PON Papua, Oktober 2021, lalu emas pada Kejuaraan Internasional DG Asian Philipina, Juli 2021.

Tahun ini, daftar prestasinya bertambah dengan raihan emas di Kejuaraan Dunia Korea Selatan, April 2022 dan perunggu di SEA Games 2021.

Hafizh menuturkan, dirinya ke depan akan berlatih lebih keras untuk meraih hasil yang kian baik.

"Harus disyukuri bagaimanapun hasilnya, menjadi evaluasi untuk kita semua supaya next bisa meraih hasil lebih baik tentu saja kita ingin medali emas, kita akan terus berlatih lebih keras," tuturnya

"Buat teman-teman, selalu semangat untuk apa yang sedang dijalani sekarang, baik di dalam ataupun di luar akademik. Bagi waktu dengan baik. Bila sedang menekuni sesuatu, selalu lakukan yang terbaik. Terus evaluasi diri, tetap berpikir positif, dan semoga kita bisa sukses untuk semuanya apapun itu. Jangan lupa sesekali refreshing" pungkas Hafizh.



Simak Video "Ini Besaran Bonus yang Didapat Atlet Peraih Medali SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia