4 Mahasiswa Unnes Sabet Medali di SEA Games 2021, Cabor Apa Saja?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 21 Mei 2022 12:15 WIB
Empat mahasiswa Unnes sejauh ini berhasil menyumbang 4 medali untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021
Foto: Doc. unnes.ac.id/4 Mahasiswa Unnes Sabet Medali di SEA Games 2021
Jakarta -

Empat mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil menorehkan prestasi di ajang SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam. Atlet asal kampus Unnes tersebut sukses menyabet medali dan turut mengantarkan Indonesia ke posisi empat klasemen SEA Games 2021.

Keempat mahasiswa Unnes itu yakni Laksamana Pandu mahasiswa S2 Pendidikan Olahraga (POR), Puja Riyaya S2 POR, Thania Kusuma mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), dan Hendika Pratama Putra mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

Atlet Unnes Menang di Cabor Wushu dan Panahan

Atlet Unnes yang menyumbang medali pertama adalah Pandu, Puja, dan Thania yakni pada Minggu (15/5/2022). Ketiganya berasal dari cabor Wushu dengan kelas yang berbeda-beda.

Kemudian setelahnya, pada Kamis 19 Mei 2022, Hendika susul mahasiswa Unnes lain dengan meraih medali di SEA Games 2021. Bahkan ia sukses mendapat peringkat pertama dengan meraih medali emas di cabor Panahan.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes, Prof Tandiyo, mengatakan Hendika turun di nomor beregu mens compound, di Hanoi Sport Training & Competition Centre Nhon Town Nam Tu Liem District.

"Hendika dan tim berhasil mengalahkan tim Malaysia dengan skor 230-229," jelas Prof Tandiyo dikutip dari laman Unnes, Jumat (20/5/2022).

Raihan Medali Mahasiswa Unnes di SEA Games 2021

Adapun perolehan medali dan cabang olahraga (cabor) yang dimenangkan mahasiswa Unnes selengkapnya antara lain:

1. Laksamana Pandu - Medali Perak Wushu Sanda kelas 56 Kg

2. Puja Riyaya - Medali Perak Wushu Sanda kelas 70 Kg

3. Thania Kusuma - Medali Perunggu Wushu Sanda kelas 60 Kg

4. Hendika Pratama Putra - Medali Emas Cabang Panahan

Atlet Unnes Tunjukkan Prestasi Terbaik

Atas prestasi mahasiswanya, Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman MHum menyampaikan rasa bangga kepada mahasiswa Unnes yang berhasil menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

"Saya bangga dengan prestasi mereka yang dapat mengharumkan nama bangsa negara dan Unnes tentunya, kita akan pacu mereka untuk terus berprestasi. Dengan prestasi dunia membuat Unnes mampu bersanding dan bersaing di kancah internasional," ungkapnya.

Prof Fathur menjelaskan di berbagai event nasional maupun internasional, atlet-atlet Unnes selalu bisa menunjukkan prestasi terbaiknya.

Dengan pencapaian ini, mahasiswa telah mengantarkan Unnes menjadi semakin bereputasi dan mempunyai daya saing di kancah internasional.

"Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk mahasiswa dan dosen untuk berprestasi pada event yang lain," tutur Rektor Unnes tersebut.



Simak Video "Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia