Mahasiswa Unair Sumbang Emas di SEA Games 2021, Ini Kunci Kemenangannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 13:15 WIB
Alisya berhasil raih medali emas di ajang SEA Games 2021 Vietnam
Foto: Doc. unair.ac.id/Mahasiswa Unair Sumbang Emas di SEA Games 2021, Ini Kunci Kemenangannya
Jakarta -

SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam masih berlangsung hingga 23 Mei 2022. Sementara ini, sampai Jumat (20/5/2022) dini hari, Indonesia berhasil menempati posisi empat di klasemen perolehan medali SEA Games 2021.

Total perolehan medali tersebut berjumlah 157 dengan rincian 42 emas, 60 Perak, dan 55 Perunggu. Salah satu yang berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia adalah Mahasiswa D4 Pengobat Tradisional, Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair), Alisya Mellynar.

Alisya berhasil mendulang medali emas Cabang Olahraga (Cabor) wushu kategori seni nomor taolu taijiquan putri pada Sabtu (14/5/2022) lalu di Hanoi Vietnam.

Kunci Kemenangan dan Debut SEA Games

Kemenangan Alisya diselimuti perjuangan yang luar biasa. Meskipun sebelumnya sempat merasa tidak percaya diri, namun Alisya berhasil memberikan kalimat positif untuk dirinya sendiri.

"Saya sebelum masuk coba soft talk, 'Alis yakin, Alis bisa, Alis bersih,' udah ngulang-ngulang itu saja," ucap Alisa dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (20/5/2022).

Ia juga turut menuliskan kalimat positif melalui akun Instagram pribadinya, dalam mencapai keinginannya meraih posisi terbaik di Wushu.

"There would be a lot of obstacles when you decided to reach your dreams, but it doesn't mean that you can't make it happen," tulisnya di Instagram-Nya, @alisyaa25.

Saat bertanding, atlet wushu asal Surabaya itu ternyata mampu tampil tenang di hadapan para juri hingga mengantarnya meraih poin 9,71.

"Poin yang melebihi ekspektasi. Karena ini debutan saya di pesta olahraga sesama negara Asia Tenggara," terangnya.

Ingin Ikuti Jejak Senior

Mahasiswa Vokasi Unair itu bercerita ingin mengikuti jejak seniornya. Dalam kesempatannya sebelum berlaga di SEA Games, ia memanfaatkan waktu untuk berkonsultasi mengenai penampilannya.

"Pengin banget nerusin prestasi mantan atlet wushu taolu Lindswell Kwok," ujar Alisya.

Oleh karena itu, masukan dari para senior termasuk Lindswell tersebut membantunya dalam kesiapan mental.

Prestasi Moncer di Luar SEA Games 2021

Raihan prestasi di olahraga Wushu bukanlah hal baru bagi Alisya. Sebelumnya, ia berhasil memperoleh beberapa deretan prestasi, baik nasional maupun internasional.

Mulai dari Kejurnas Wushu Junior dan Senior di Semarang 2017, Piala Presiden dan Piala Raja Sultan Hamengkubuwono X di Daerah Istimewa Yogyakarta 2018, hingga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Merauke, Papua 2021.

Alisya juga berhasil mendapat satu emas dan satu perak pada ajang International Borneo Martial Arts Open, Sibu, Malaysia 2017. Kemudian memperoleh dua emas pada 3rd World Taijiquan Championships, Burgas, Bulgaria 2018.

Menanggapi prestasi itu, beberapa tokoh memberikan apresiasi tinggi. Tak terkecuali Ketua IKA Unair Dra Hj Khofifah Indar Parawansa, Msi.

Dukungan Unair untuk Peningkatan Prestasi Mahasiswa

Sementara itu, Wakil Dekan I FV Unair Dr Tika Widiastuti SE MSi menegaskan bahwa mahasiswa Fakultas Vokasi tidak hanya unggul dalam hal akademik, tapi juga non-akademik. Adapun beragam dukungan dari Unair untuk peningkatan prestasi mahasiswa.

"Kami memiliki tim Pendamping Mahasiswa (TPM) yang bertugas mendampingi, membina, dan mengoptimalkan seluruh potensi mahasiswa bersama pembina Ormawa," tuturnya.

Selain dukungan moral, Unair mendukung secara materi dan beberapa kemudahan lainnya. Mulai dari alokasi anggaran pemberian insentif sebagai bentuk stimulus mahasiswa mengukir prestasi hingga regulasi jadwal kuliah.

"Regulasi jadwal kuliah dan ujian-pun secara khusus kami berikan untuk mahasiswa atlet," tutup wakil dekan I Unair itu.



Simak Video "Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia