SEA Games 2021: Mahasiswi Undip Borong 2 Medali Emas untuk Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 19:30 WIB
Mahasiswi Undip sumbang emas untuk Indonesia
Rezza Octavia, mahasiswi Undip yang borong 2 Medali Emas untuk Indonesia. Foto: Doc. undip.ac.id
Jakarta -

SEA Games 2021 berakhir pada Senin, 23 Mei 2022 dengan menempatkan kontingen Indonesia berada di posisi ketiga klasemen akhir medali SEA Games.

Total Indonesia berhasil mengumpulkan 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu. Dari jumlah tersebut, ada dua medali emas yang disumbangkan oleh mahasiswi Universitas Diponegoro (Undip).

Mahasiswi tersebut adalah Rezza Octavia yang berasal dari jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.


Octavia berhasil meraih medali emas tidak hanya satu tetapi memborong dua sekaligus pada SEA Games 2021. Menariknya, ia merupakan atlet debutan pada ajang SEA Games 2021.

Atas peraihan itu, ia mengungkapkan pengalaman berkesannya saat tampil perdana membela Indonesia di ajang negara kawasan Asia Tenggara.

"Saya sangat senang dan bersemangat mengikuti SEA Games pertama saya ini, apalagi berhasil meraih medali emas," ucapnya dikutip dari laman Undip, Senin (23/5/2022).

Banggakan Cabor Panahan Indonesia

Dua kemenangan Octavia itu merupakan persembahan di ajang bergengsi kejuaraan multievent Asia Tenggara yang mengharumkan nama Indonesia pada cabang olahraga panahan nomor recurve beregu campuran (Mixed Team Recurve) dan nomor recurve perseorangan (Final Women's Individual Recurve).

Medali emas kali pertamanya diperoleh saat perebutan pertandingan nomor recurve beregu campuran (Mixed Team Recurve) Rezza berpasangan dengan atlet senior Indonesia bernama Riau Ega Agata Salsabilla dan berhasil mengalahkan wakil dari Malaysia dengan skor 6-2.

Setelah menyelesaikan pertandingan beregu campuran, Octavia kembali melanjutkan perjuangannya pada ajang final Women's Individual Recurve melawan atlet perwakilan Thailand, Narisara Khunhiranchaiyo. Penampilan memukaunya menghasilkan kemenangan telak dengan meraih skor sempurna 6-0.

Kunci dalam Meraih Kemenangan

Meski tidak mempunyai banyak waktu istirahat, hanya berselang 30 menit pertandingan pertama, Octavia mengaku sukses melewati ketegangan dan rasa nervous-nya dengan tetap fokus menguasai konsentrasi memanah.

Ia menyebutkan juga bahwa rahasia sukses dirinya ketika menghadapi banyak pertandingan adalah selalu berpikir positif.

"Jangan pernah menyerah, push your limit, jangan lupa berdoa," ungkapnya.

Sementara itu, secara keseluruhan tim panahan Indonesia sudah berhasil memenuhi target dengan memborong total empat medali emas dan satu perak dari SEA Games 2021 Vietnam.

Dua medali emas tim panahan Indonesia lainnya didapatkan dari nomor Men's Team Recurve dan Men's Individual Recurve.



Simak Video "PBESI Beri Bonus Atlet eSports Peraih Medali SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia