Menhub Budi Karya Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari UGM, Ini Alasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 13:29 WIB
Menteri Budi Karya mendapatkan gelar Doktor Kehormatan
Menteri Budi Karya mendapatkan gelar Doktor Kehormatan.Foto: Tangkapan layar Youtube UGM
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapatkan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Gelar itu diberikan karena jasanya dalam pembangunan transportasi nasional.

Pemberian gelar tersebut juga tertuang dalam Keputusan Rektor UGM Nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari UGM Kepada Ir Budi Karya Sumadi dan berlaku sejak 20 Mei 2022.

"Gelar doktor kehormatan ini diberikan kepada Budi Karya Sumadi atas peran dan jasanya beliau dalam keilmuannya di bidang teknik rancang bangun dan perencanaan dalam konteks mikro dan makro," ujar Rektor UGM Panut Mulyono dalam upacara penganugerahan gelar tersebut via Youtube, Senin (23/5/2022).

"Itu merupakan satu kesisteman yang tidak dapat dipisahkan termasuk di dalamnya bidang transportasi terutama jasanya dalam menghubungkan nusantara," sambung Panut.

Menurut Panut Budi telah menghasilkan karya yang luar biasa untuk Indonesia. Dengan demikian, Budi pantas mendapatkan gelar Doktor Kehormatan.

"Bapak Insinyur Budi Karya Sumadi telah memberikan intervensi intelektual sehingga dalam menjalankan berbagai tugasnya dapat menghasilkan karya yang berkelanjutan," ujar Panut.

Karya-karya yang telah dihasilkan Menhub Budi dimulai sejak bekerja sebagai Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol dan PT Pembangunan Jaya Ancol pada tahun 2004-2013.

Selanjutnya, Budi menjabat sebagai Direktur Utama PT Jakarta Prosperindo pada tahun 2013 sampai dengan 2015, dan menjadi Direktur Utama PT Angkasa Pura II pada 2015-2016.

"Dan dilanjutkan sebagai Menteri Perhubungan sejak 2016 hingga saat ini," imbuh Panut.

Atas gelar yang diraihnya, Budi mengucapkan terimakasih dan rasa syukur kepada UGM.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga untuk anggota senat UGM, rektor beserta jajaran, dekan fakultas teknik serta jajaran, tim promotor dan co promotor," kata Budi.

"Secara khusus, walaupun tidak ada harus mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua saya. Beliau berdualah yang memberikan nilai-nilai yang tidak jauh diajarkan UGM kepada saya. Dengan segala kerendahan hati apa yang diberikan UGM akan saya berikan kepada kedua orang tua saya yang mengajarkan berbagi dan bermasyarakat," sambung Budi.

Menhub Budi berpesan sebagai rakyat harus mengabdi kepada negara dan tidak boleh berhitung untuk mengabdi kepada negara.

"Negara sudah memberikan sesuatu kepada kita, kita harus bayar pengabdian kita kepadanya," ujar Budi Karya.



Simak Video "Ramai Kecelakaan Bus, Menhub Bakal Introspeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia