Olimpiade PPI UK 2022 Digelar, Diikuti Para Pelajar dan Kenalkan Cabang Baru

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 09 Mei 2022 10:00 WIB
Olimpiade PPI UK 2022
Olimpiade PPI UK 2022. Foto: PPI UK
Jakarta -

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Inggris Raya atau PPI UK kembali mengadakan olimpiade tahunan. Olimpiade PPI UK 2022 ini digelar di Harrow School, London dan diikuti ratusan pelajar.

Agenda bertajuk Embracing Harmony in Excellence ini mengenalkan cabang kompetisi baru, yaitu akademik dan seni budaya. Sebelumnya, acara ini hanya mempertandingkan olahraga dan e-sport.

Olimpiade PPI UK 2022 yang sebelumnya bernama Piala Atdikbud Cup ini digelar dalam dua putaran. Babak pertama adalah penyisihan dan selanjutnya acara utama, sekaligus puncak kompetisi.

Babak penyisihan telah dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret 2022 dengan beberapa kompetisi, yaitu bola basket dan futsal. Babak ini dilaksanakan di Edinburgh, Leeds, Birmingham, Hatfield, dan London.

Di putaran preliminary ini ada pula babak online untuk kompetisi e-sport dan seni budaya. Babak ini digelar selama satu pekan pada 11-17 April 2022, yang diikuti banyak peserta.

Acara utama dilakukan di London pada tanggal 8-9 Mei 2022. Sebanyak 33 cabang PPI di seluruh Inggris berkumpul dan menjadi ajang untuk para pelajar berinteraksi dengan diaspora serta organisasi masyarakat di Inggris.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya, Republik Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional, Desra PErcaya mengapresiasi acara ini. Olimpiade PPI UK 2022 adalah kesempatan yang baik agar pelajar menyalurkan bakatnya.

"Penting untuk terus memperkuat jejaring, menjaga persatuan serta semangat kebersamaan antara sesama pelajar dan mahasiswa di Inggris Raya," ungkap Desra yang dikutip dari keterangan yang diterima detikEdu, Minggu (8/5/2022).

Selain itu Ketua PPI UK Oki Earlivan mengatakan agar seluruh peserta bersenang-senang saat lomba. Kompetisi sudah selayaknya dilaksanakan dengan kebersamaan, kebahagiaan, serta itikad baik.

"Let's take the fun out of it! kita sama-sama mencari kebersamaan dan kebahagiaan melalui kompetisi yang sportif," kata Oki.

Ketua Panitia Olimpiade PPI UK 2022, Fareldi Papasi berharap acara ini juga diikuti dengan antusiasme diaspora Indonesia di UK. Antusiasme memberi semangat untuk bangkit usai pandemi.

"Semoga acara ini bisa membawa semangat dan antusiasme untuk tidak hanya berkompetisi, tetapi juga sebagai wadah berkumpul antar seluruh diaspora Indonesia di UK, terutama bangkit setelah pandemi," kata Fareldi.



Simak Video "Ramainya Tebet Eco Park di Minggu Pagi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia