300 Mahasiswa Indonesia Ikuti Olimpiade PPI UK 2022

Tim detikcom - detikEdu
Selasa, 03 Mei 2022 08:00 WIB
Pertandingan olah raga yang digelar dalam rangka Olimpiade PPI UK 2022
Foto: dok. PPI UK
Jakarta -

Sebanyak 300 pelajar Indonesia dari seluruh penjuru Inggris Raya mengikuti Olimpiade PPI UK 2022 yang puncaknya 8 Mei mendatang. Olimpiade PPI UK 2022 merupakan acara olahraga tahunan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Inggris Raya (PPI UK) dan didukung penuh oleh Kedutaan Besar RI untuk Inggris Raya.

Olimpiade PPI UK mempertandingkan 4 cabang kompetisi yaitu olahraga, esport, bidang akademik serta seni dan budaya. Sejumlah babak penyisihan telah digelar sejak akhir Maret lalu di antaranya bola basket dan futsal.

Dua cabang olahraga tersebut telah digelar di 5 kota yakni Edinburgh, Leeds, Birmingham, Hatfield dan London. Adapun babak final semua cabang akan diadakan di London pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 mendatang.


Ketua Olimpiade PPI UK 2022 Fareldi Papasi mengatakan puncak acara olimpiade yang bertema "Embracing Excellence in Harmony" ini diharapkan dapat menyatukan 34 cabang PPI di seluruh Inggris dan menjadi kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk berinteraksi.

"Selain kompetisi saja, pameran budaya Indonesia akan diadakan pada hari acara bersama dengan bazaar makanan Indonesia," ujar mahasiswa University of Warwick itu dalam keterangannya yang dikutip, Senin (2/5/2022).

Fareldi menuturkan Olimpiade PPI UK yang diharapkan dihadiri 1.000 peserta ini memiliki tujuan meningkatkan rasa solidaritas dan sportifitas di antara semua pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Inggris serta untuk mempromosikan seni budaya Indonesia.

Selain itu, ditujukan juga untuk merangkul seluruh mahasiswa Indonesia dan menjaga hubungan strategis dengan diaspora Indonesia di seluruh Inggris

"Kami berharap acara ini dapat menjadi wadah dimana kita sebagai orang Indonesia dapat bersatu dan bersaing secara sehat untuk mempererat solidaritas dengan seluruh diaspora Indonesia di seluruh Inggris," katanya.

Menurut Fareldi, Olimpiade PPI UK yang sebelumnya bernama PPI UK "Atdikbud Cup" ini akan dijadikan event tahunan.



Simak Video "PRC Ungkap Tingginya Elektabilitas Ganjar di Survei Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia