Top! Mahasiswa UNY Berhasil Buka Bisnis Bengkel hingga Bisa Bayar Kuliah Sendiri

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 19 Apr 2022 14:45 WIB
Dana Brata Mahasiswa UNY yang Memiliki Bengkel Restorasi
Dana Brata Mahasiswa UNY yang Memiliki Bengkel Restorasi. Dok: UNY
Jakarta -

Kisah inspiratif datang dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan prodi Pendidikan Teknik Manufaktur UNY angkatan 2021. Dia adalah Dana Brata Fitriawan Kusuma yang berhasil mendirikan bengkel restorasi.

Bengkel tersebut ia dirikan sejak tahun 2018 di saat maraknya trend restorasi sepeda motor retro di Jawa Barat.

"Saat itu saya masih kelas 2 SMK, kelihatannya kok menarik bisnis ini," ucap Dana yang dikutip dari laman UNY, Selasa (19/4/2022).

Khusus Motor Astrea Series

Melihat peluang trend, akhirnya Dana membuka bengkel khusus restorasi Honda Astrea Series, mulai dari Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima hingga Astrea Grand dan Legenda.

Alasannya memilih Astrea Honda karena banyaknya suku cadang untuk motor, baik yang orisinal hingga grade di bawahnya.

Pendirian bengkel itu juga dilandasi karena ketertarikannya pada motor tua terutama Astrea Series. Dana bercerita motor jenis itu mudah dirawat dan sudah familier di masyarakat serta unitnya yang mudah di restorasi.

"Prinsip restorasi adalah membuat kendaraan seperti baru lagi, kembali pada bentuk aslinya," ujar Dana.

Dalam merestorasi motor astrea itu ada dua opsi yaitu menggunakan suku cadang orisinil atau imitasi.

Cerita Bisnis Dana hingga Bisa Bayar Kuliah Pribadi

Dalam bisnisnya, tiap bulan Dana menerima 4 unit sepeda motor untuk direstorasi. Hal ini dikarenakan butuhnya ketelitian dan kecermatan dalam pengerjaannya.

Namun, ada kalanya dalam merestorasi motor, ia mengaku membutuhkan waktu satu bulan paling lama. Apabila suku cadang sudah lengkap dapat dikerjakan hanya dalam waktu 2 minggu.

Untuk biaya restorasi sendiri berkisar empat juta Rupiah yang sudah termasuk termasuk biaya cat, bongkar pasang dan setting kendaraan. Namun, itu di luar biaya penggantian suku cadang.

Sedangkan untuk suku cadang, ia dapat dari beberapa toko suku cadang di Yogyakarta maupun di sekitar Jawa. Ia juga sering membeli secara online.

Bersama dua orang temannya, Dana kemudian menamai bengkel restorasinya dengan nama Bebek Restorasi yang juga bisa ditemui melalui Instagram @bebekrestorasi.

Berkat usahanya itu, ia mampu membiayai kuliahnya sendiri. Adapun saat ini, mahasiswa UNY tersebut sedang mengajukan tambahan modal usaha melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia