Dua Mahasiswa UB Masuk Nominasi, Apa Itu Forbes Indonesia 30 Under 30?

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 27 Mar 2022 10:00 WIB
CHIKIN INDONESIA
Dua mahasiswa UB yang masuk nominasi Forbes 30 Under 30 Indonesia (Foto: Dok. Humas UB)
Jakarta -

Majalah Forbes adalah majalah yang merilis nominasi Forbes 30 Under 30 atau 30 orang berusia di bawah 30 tahun yang paling berpengaruh.

Pada 2022, dua mahasiswa Universitas Brawijaya Ashab AlKahfi dan Tubagus Syailendra pendiri Chickin Indonesia berhasil masuk ke penghargaan bergengsi untuk Forbes Indonesia 30 Under 30.

Keduanya mengembangkan startup agrikultur bagi peternak ayam dengan memanfaatkan Internet of Things dan Artificial Intelligence. Akhir tahun lalu, Chickin Indonesia berhasil meraih pendanaan dari luar negeri sebesar Rp 35,8 miliar.

Forbes adalah majalah global yang berfokus pada bisnis, investasi, teknologi, wirausaha, kepemimpinan, dan gaya hidup. Didirikan sejak 1917 oleh B.C. Forbes, majalah ini terus berkembang hingga hadir di Indonesia pada 2010.

Setiap tahun, Forbes akan merilis daftar 30 orang di bawah usia 30 tahun yang paling berpengaruh di tingkat global, benua, maupun negara termasuk di Indonesia.

Orang-orang ini adalah mereka yang aktif di bidang sosial masyarakat, pembuat film, mode busana, wirausahawan, atau lainnya. Sebelum dinobatkan menjadi 30 Under 30, para nominator akan melewati beberapa tahapan seleksi.

Tahapan Seleksi Forbes 30 Under 30

Terdapat 3 cara untuk masuk menjadi kandidat Forbes 30 Under 30, yaitu:

  • Mendaftar secara langsung pada laman Forbes
    Direkomendasikan oleh alumni Forbes 30 Under 30
    Ditentukan langsung oleh staf Forbes

Setelah kandidat ditentukan, staf Forbes akan menyeleksi ulang dengan juri-juri profesional. Juri untuk Forbes Indonesia 30 Under 30 2022 adalah Hermanto Tanoko (CEO Grup Tancorp Abadi Nusantara), Sabrina Bensawan, dan Elena Bensawan (Cofounders SAAB Shares-alumnus Forbes 30 Under 30 Indonesia 2019).

Kemudian Forbes Indonesia juga akan kembali untuk menggali informasi lebih dalam para kandidat tersebut. Syarat utama untuk masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 tentunya nominator harus di bawah usia 30 tahun. Hal terpenting lainnya adalah apa yang dikerjakan para nominator berdampak besar bagi lingkungannya.

Selain dua mahasiswa UB tersebut, anak muda lainnya yang masuk nominasi Forbes Indonesia 30 Under 30 yakni Putri Tanjung (Founder & CEO CXO Media), Vina Muliana (content creator), Lyodra Ginting (artis), Jonatan Christie (atlet), dan sejumlah nama lainnya.



Simak Video "Masuk Forbes 30 Under 30 Asia, Prilly Latuconsina: Seperti Mimpi!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia