Juara Lomba Desain Dunia, Siswa Ini Jadi Satu-satunya Finalis Asal Indonesia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 16 Mar 2022 12:30 WIB
prestasi pelajar sma di blitar
Eka Ramadhani Setiawan, siswa SMA di Blitar, menjuarai lomba desain visual tingkat dunia. (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Seorang siswa SMA kelas 11 IPS di Blitar, Eka Ramadhani Setiawan, berhasil menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi desain Photoshop skala dunia. Eka mengaku dirinya nyaris tidak percaya karena ia menjadi satu-satunya finalis dari Indonesia, bahkan dari negara asal selain tuan rumah.

"Saya hampir tidak percaya jadi juara 1 karena yang masuk nominasi itu hanya 4 finalis dan 3 di antaranya adalah warga asli Rusia. Terlebih, ketiganya memang profesional di bidang itu. Sementara saya adalah satu-satunya finalis dari negara lain," kata Eka, dikutip dari detikJatim, Rabu (16/3/2022).

Kompetisi desain visual yang diinisiasi oleh Online Konkourse Fotoshop (OKF) tersebut ternyata memang digelar di Rusia. Bahkan bagi Eka sendiri, ia mendapat informasi lomba ini dari teman-temannya yang berdomisili di Rusia.

Atas prestasinya, siswa yang juga mahir bermain gitar dan piano ini mengaku, penghargaan yang diterimanya sebagai juara lomba bukanlah berbentuk nominal uang. Sebaliknya, pihak OKF memberi akses gratis semua tools di Photoshop selama satu tahun.

"Jadi mereka memberi saya link tools aplikasi itu gratis selama setahun. Karena aplikasi itu berbayar mahal," terang dia.

Menurut penuturan Eka, ada alasan di balik penghargaan yang diberikan oleh pihak penyelenggara tersebut. Pihak mereka hendak mendukung skill yang dimiliki Eka agar terus berkembang.

"Penyelenggara ingin kemampuan kami berkembang. Kalau reward dalam bentuk uang, takutnya tidak dimanfaatkan untuk menambah skill," kata siswa yang ternyata fasih berbahasa Rusia ini.

Eka bercerita, segala keahliannya baik dalam desain visual maupun berbahasa asing, dipelajarinya secara otodidak dari internet. Sebab itulah, ia berpesan, segala sesuatu yang ada di internet bisa menunjang kebutuhan selama dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kita dapat fasilitas (internet). Jika digunakan dengan baik, banyak hal baru yang sangat bermanfaat dan bisa menunjang kehidupan kita di masa mendatang," pungkas Eka.

Eka sendiri dalam perlombaan desain visual tingkat dunia itu mengirimkan desain berupa seekor anjing yang tengah menatap nanar bongkahan tanah dengan percikan api. Selain itu, di sekitar anjing tersebut ada sebuah drone yang diterbangkan di sisi kanannya.

Makna desain visual yang membawa Eka sebagai sang juara dalam lomba skala internasional tersebut, selengkapnya bisa baca DI SINI, ya!



Simak Video "Sopir Truk di Blitar Diciduk, Kedapatan Nyabu & Angkut Ribuan Miras"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia