Hobi Desain Jadi Prestasi, Ini Tips ala Mahasiswa Unesa

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 28 Feb 2022 16:00 WIB
mahasiswi Unesa berbagi tips bagaimana hobi akhirnya menjadi prestasi
Foto: Doc. unesa.ac.id/Hobi Desain Jadi Prestasi ala Mahasiswa Unesa
Jakarta -

Hobi jadi prestasi benar-benar diterapkan Rizka Yolanda Putri Hariyanti dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dia berhasil meraih juara dari hobinya mendesain poster.

Rizka sudah tertarik dengan desain sejak dulu yakni pada saat duduk di kelas 11 SMA. Saat itu ia mengikuti lomba poster dalam rangka seleksi FL2SN tingkat kabupaten dan berhasil mendapat juara 2.

"Setelah itu saya mengikuti lagi seleksi FL2SN tingkat provinsi, tetapi saya belum jadi juara, disitulah awal mula saya tertarik untuk mengikuti lomba poster," ujarnya dikutip dari laman resmi Unesa, Senin (28/2/2022).

Memasuki jenjang kuliah, hobi Rizka makin terasah karena kerap mengikuti lomba poster. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih selama menjadi mahasiswa Unesa.

Menurut gadis asal Menganti, Jawa Tengah ini menjelaskan alasan hingga dirinya ikut berbagai lomba. Selain karena hobi, dia ingin menambah ilmu dan mengembangkan kemampuan desain.

"Juara atau tidak, bagi saya tidak terlalu jadi prioritas, paling penting saya dapat apa dan pelajaran apa di setiap lomba. Karena, juara atau tidak juara, saya akan tetap ikut lomba," katanya.

Rizka berbagi tips bagaimana hobi akhirnya menjadi prestasi. Berikut penjelasannya

4 Tips hobi jadi prestasi

1. Terus belajar dan konsisten

Rizka menuturkan, tidak ada kiat lain untuk meraih prestasi dalam bidang desain poster selain terus belajar dan melatih diri secara konsisten.

2. Terus mencoba dan mengembangkan diri

Selain itu, penting untuk terus mencoba dan mengembangkan diri lewat berbagai lomba. Kemudian fokuskan pikiran untuk tidak selalu tentang juara karena bisa berdampak pada turunnya motivasi dan bisa rawan putus asa.

"Kalau fokusnya ke juara, terus kita belum dapat juara, lama-lama kita bisa putus asa. Coba kita balik, fokusnya belajar, itu lebih berkelanjutan, juaranya nanti datang sendiri," tegasnya.

3. Mencari ide dari persoalan hidup sehari-hari

Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika itu juga menjelaskan bahwa dalam desain, perlu mencari ide atau gagasan yang menarik. Misalnya dengan mengangkat tema dari realitas atau permasalahan kehidupan sehari-hari. "

Setiap karya baik itu nulis atau desain, saya selalu bertanya, apa yang sebenarnya yang ingin disampaikan kepada pembaca atau audiens yang melihat poster saya, pesan apa yang penting bagi mereka," paparnya.

4. Selalu optimis

Terakhir, ia berpesan bahwa dalam mengembangkan kemampuan atau hobi desain harus selalu optimis.

"Paling penting, selalu optimis dalam berkarya, karya yang baik adalah yang mendatangkan manfaat bagi kita semua," tutur mahasiswi Unesa.



Simak Video "Kapolda Metro Buka Sayembara Desain Logo Street Race, Berminat?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia