Mengenal FOMO, Ketakutan akan Ketinggalan Momen dan Tips Mengatasinya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 25 Jan 2022 11:02 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Detikers apakah kalian pernah takut akan ketinggalan momen atau suatu hal? Jika iya bisa saja kalian sedang mengalami FOMO atau Fear of Missing Out.

FOMO adalah suatu kecemasan yang timbul karena takut ketinggalan suatu hal yang baru seperti berita terkini, tren di masyarakat, dan hal-hal populer lainnya. Munculnya perasaan cemas ini disebabkan oleh terlalu seringnya orang tersebut mengakses media sosial.

Perasaan FOMO ini dapat terjadi pada semua orang dan tidak memandang gender dan umur. Seseorang yang mengalami FOMO memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan terus membandingkan hidupnya dengan orang lain.

Lantas bagaimana gejala dari FOMO itu sendiri? Kenali gejala-gejala berikut yang mungkin muncul, yang dikutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud:

Gejala FOMO

1. Selalu mengecek media sosial bahkan di saat waktu luang.

2. Memiliki gaya hidup yang serba cepat.

3. Selalu berkata iya.

4. Memiliki tingkat kepuasan hidup yang rendah.

5. Terlalu mementingkan opini orang lain.

6. Ingin selalu diperhatikan orang lain.

7. Merasa dikucilkan ketika tertinggal dengan yang lain.

8. Berperilaku boros karena membeli barang-barang yang sedang tren dengan dalih agar tidak ketinggalan apapun.

Jika terlalu lama dibiarkan perilaku FOMO dapat memicu munculnya hal negatif seperti kelelahan, stres, depresi, hingga masalah tidur. Perasaan FOMO dapat dikurangi dengan mengikuti beberapa tips berikut:

Tips Mengurangi Gejala FOMO

1. Berfokus pada Kelebihan

Hal ini dapat dilakukan dengan mendekatkan diri pada orang-orang yang dapat memberikan aura positif. Temukan sesuatu yang selalu membuat kalian gembira saat membuka media sosial. Hal ini dilakukan guna untuk menghindari pikiran negatif.

2. Mengurangi Mengakses Media Sosial

Perasaan FOMO timbul akibat terlalu sering mengakses media sosial. Perasaan ini juga timbul karena iri dengan kesuksesan orang lain. Cara menanggulanginya dengan membatasi waktu untuk mengakses media sosial atau bahkan menonaktifkan akun media sosial untuk sementara waktu.

3. Menikmati Semua yang Dimiliki

Fokus pada segala hal yang dimiliki atau perlu dilakukan. Dengan cara ini juga dapat membuat kalian lebih menghargai segala hal yang dimiliki tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain.

Nah itulah penjelasan mengenai FOMO. detikers jangan terlalu bergantung dengan media sosial ya! Ingat, selalu gunakan media sosial dengan bijak.



Simak Video "Token Artis Kian Menjamur, Seberapa Menjanjikan?"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/atj)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia