Sumbangsih Sandiah Ibu Kasur di Dunia Pendidikan Indonesia

Kristina - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 15:07 WIB
Google Doodle Ibu Kasur
Foto: Google
Jakarta -

Sandiah atau yang akrab disapa Ibu Kasur merupakan tokoh pendidikan kenamaan Indonesia yang melegenda. Dia banyak berkiprah di dunia pendidikan Indonesia sejak tahun 1960-an.

Sosok Ibu Kasur lekat dengan pendidikan anak. Dia banyak menciptakan lagu-lagu anak seperti Kucingku, Bertepuk Tangan, hingga Main Sembunyi.

Siapa Sandiah Ibu Kasur?

Ibu Kasur lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926 dengan nama kecilnya Sandiah. Sandiah menamatkan pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), sekolah SMP zaman kolonial Belanda, pada akhir tahun 1930-an.

Sandiah menikah dengan Soerjono atau yang akrab disapa Pak Kasur. Sejak menikah dengan Pak Kasur, Sandiah mulai dikenal dengan nama Ibu Kasur. Keduanya merupakan pencipta lagu dan sering tampil di berbagai acara TV serta radio.

Disadur dari Majalah Jendela Kemendikbud edisi Hardiknas 2018, kiprah Ibu Kasur dalam dunia pendidikan Indonesia dimulai dengan berdirinya TK Mini pada tahun 1965. TK yang berlokasikan di Jakarta tersebut didirikan dan dikelola oleh Ibu Kasur sekaligus menjadi tempat tinggalnya.

TK Mini dibagi dalam tiga jenjang untuk menampung anak-anak dari berbagai kelompok umur. Jenjang pertama dinamakan Parkit untuk anak usia tiga tahun, kemudian Kutilang untuk anak usia empat tahun, dan Cendrawasih untuk anak usia lima tahun.

TK yang didirikan Ibu Kasur tersebut menjadi tempat menuntut ilmu beberapa tokoh Indonesia, seperti Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng.

Ibu Kasur juga memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima taman kanak-kanak di Jakarta. Dia juga menjadi pengasuh rubrik di majalah anak yang bernama BOCIL.

Ibu Kasur terkenal sebagai seorang pendidik dan pemerhati anak-anak. Semasa hidup, ia sering menjadi pembicara di berbagai seminar yang berhubungan dengan dunia anak. Sumbangsihnya dalam dunia pendidikan anak, membuat Ibu Kasur meraih berbagai penghargaan.

Penghargaan yang pernah diraihnya antara lain Bintang Budaya Parama Dharma (1992), penghargaan dari Presiden dalam rangka hari Anak Nasional (1988), Centro Culturale Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari pemerintah Italia (1976), dan penghargaan pembawa acara anak-anak legendaris di televisi.

Menjelang akhir hayat, Ibu Kasur masih rutin berkunjung ke TK Mini, meskipun sudah tidak aktif mengajar. Tokoh yang berjasa dalam pendidikan anak tersebut wafat pada 22 Oktober 2022 akibat serangan stroke.



Simak Video "Kisah Nurida, Dulu Pemulung, Kini Bangun 'Sekolah Pemulung' di Pinggir Kuburan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia