Mengenal Sandiah Ibu Kasur, Pencipta Lagu Anak yang Jadi Google Doodle

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 16 Jan 2022 12:00 WIB
Google Doodle Ibu Kasur
Foto: Google
Jakarta -

Wajah Sandiah Ibu Kasur menjadi sosok yang ditayang dalam Google Doodle hari ini (16/1/2022). Bu Kasur sendiri dikenal sebagai seniman dan tokoh pendidikan kenamaan di Indonesia.

Bu Kasur lahir dengan nama Sandiah di Jakarta, 16 Januari 1926. Ia bersekolah di Meer Uirgetreid Lager Onderwijs (Mulo) tahun 1930.

Bu Kasur lebih dikenal dengan nama tersebut setelah menikah dengan Pak Kasur yang bernama asli Soerjono. Mereka berdua merupakan pasangan suami istri pencipta lagu anak-anak yang rutin tampil di berbagai acara televisi serta radio.

Kisah Hidup Sandiah Ibu Kasur

Berikut adalah kisah hidup Sandiah Ibu Kasur yang dilansir dari laman Kemdikbud:

Bu Kasur mengelola TK Mini pada tahun 1965. TK tersebut juga meluluskan tokoh-tokoh Indonesia seperti Presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng.

Kala itu TK Mini terbagi menjadi tiga jenjang yaitu Parkit untuk anak berusia tiga tahun, Kutilang untuk usia empat tahun, dan Cendrawasih untuk usia lima tahun.

Bu Kasur dikenal dengan sosok yang peduli terhadap anak-anak dan seorang pendidik. Ketulusan yang dimiliki Bu Kasur berhasil membuat dirinya menjadi pembicara di di seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak.

Adapun Bu Kasur juga memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima TK di Jakarta. Karier Ibu Kasur juga berlanjut dalam bidang publikasi. Ia menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak Bocil.

Lebih lanjut, Bu Kasur dan Pak Kasur mengasuh siaran anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta saat TVRI berdiri tahun 1962. Ibu Kasur memegang acara berjudul Area Anak-Anak dan Mengenal Tanah Airku.

Kemudian pada tahun 1970-an, Bu Kasur juga memegang acara Taman Indria di TVRI. Ketika televisi swasta muncul, ia juga memegang acara Hip Hip Ceria di RCTI.

Bu Kasur juga menciptakan beberapa lagu anak. Lagu-lagu tersebut antara lain Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Atas jasanya di bidang pendidikan anak-anak, Bu Kasur diganjar sejumlah penghargaan seperti Bintang Budaya Para Dharma (1992), penghargaan dari Presiden dalam rangka hari Anak Nasional (1988), Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari pemerintah Italia (1976), dan penghargaan pembawa acara anak-anak legendaris di televisi.

Bu Kasur wafat pada 22 Oktober 2002, dalam usia 76 tahun, akibat serangan stroke. Beliau dimakamkan di Beliau kemudian dimakamkan di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah tepat di samping makam Pak Kasur.

Itulah kisah hidup dari Sandiah Ibu Kasur yang muncul di Google Doodle hari ini. Jadi jangan melupakan jasa-jasa beliau ya!



Simak Video "Seru-seruan Main 'Mini Games Valentine' di Google Doodle"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia