5 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Metaverse, Bisa Tebak Apa?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 07 Jan 2022 18:00 WIB
HONG KONG, CHINA - OCTOBER 04: Visitors experience an immersive art installation titled
Foto: Getty Images/Anthony Kwan
Jakarta -

Detikers apakah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan metaverse? Seperti pada kehidupan di dunia, di metaverse nanti juga membutuhkan beberapa profesi seperti di dunia nyata. Sebelum itu mari mengetahui apa arti metaverse terlebih dahulu.


Metaverse adalah sebuah konsep masa depan dalam dunia teknologi. Istilah metaverse ramai diperbincangkan di media sosial tak lama setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama induk perusahaan Facebook menjadi Meta Platforms Inc. (Meta).

Secara etimologis, metaverse berasal dari kata 'meta' yang berarti 'melampaui' dan 'verse' yang berarti 'alam semesta'. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai sebuah ruang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini.

Sementara menurut Coinmarketcap, metaverse adalah ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Dapat disimpulkan nantinya di Metaverse, manusia akan hidup beraktivitas dan bersosialisasi dengan sesama secara virtual. Metaverse juga akan menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality.

Lantas, dengan kehidupan virtual tersebut kira-kira jenis profesi apa yang akan cocok di metaverse? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari akun Instagram Schoters:

1. Metaverse Cyber Security

Pada profesi ini kalian akan mengatur strategi untuk memblokir serangan secara realtime. Selain itu juga akan menetapkan undang-undang dan protokol yang aman bagi dunia maya. Undang-undang tersebut nantinya dapat dipertimbangkan, diubah, dan diciptakan kembali.

Metaverse merupakan dunia virtual yang rawan akan serangan cyber dan penipuan, seorang cyber security sangat diperlukan.

Rekomendasi jurusan dan kampus:

- Cyber security dengan kampusnya EPFL, National University of Singapore (NUS), Shanghai Jiao Tong

- Information Technology law dengan kampusnya Monash University, Utrecht University, dan University of Technology Sydney.

2. Construction Engineers

Di dunia metaverse juga membutuhkan seorang untuk merancang dan membangun bangunan. Construction engineers bertugas untuk menyusun pola dunia metaverse dari desain, bentuk m proses pembuatan, hingga penyelesaiannya.

Rekomendasi jurusan dan kampus:

- Graphic design/ visual communication design dengan kampusnya Royal college of arts (RCA), Rhode Island School of Design (RISD), The Hong Kong Polytechnic University (PolyU)

- 3D Design/ Animation dengan kampusnya Emily Carr University of Arts + Design, School of the Art Institute of Chicago (SAIC), dan Yoyogi Animation Academy (YOANI)

3. Metaverse Planner

Metaverse planner bertugas untuk menyusun strategi dan segala fungsinya yang kemudian diterapkan dalam dunia virtual.

Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menempatkan hal-hal yang harus dilakukan dalam dunia digital.

Rekomendasi jurusan dan kampus:

- Software engineering dengan kampus Carnegie Mellon University, Tsinghua University, dan The University of Edinburgh.

- Digital Business/ Digital Marketing/ Digital Entrepreneurship/ E-business dengan kampusnya Bocconi University, Singapore Management University, dan Korea University.

4. Metaverse Storyteller

Seorang storyteller bertugas untuk merencanakan scenario bagi pengguna untu menjelajahi metaverse, skenario pelatihan, peluang pemasaran dalam bentuk narasi untuk perusahaan, dan lainnya.

Rekomendasi jurusan dan kampus:

- Literature/ English Langugae dengan kampusnya NUS, New York University, Macquarie University.

5. Fashion Designers Virtual Reality

Dalam dunia metaverse nantinya orang akan digantikan oleh avatar-avatar, tugas seorang Fashion Designer adalah untuk mengembangkan pakaian dan aksesori unik masing-masing avatar.

Rekomendasi jurusan dan kampus:

- Virtual Reality dengan kampusnya Lund University, Swansea University, dan Universite Paris Saclay

- Fashion design dengan kampusnya Princeton University, University of Toronto (UofT), dan The University of Sydney.

Itulah daftar profesi yang paling dibutuhkan di dunia metaverse. Tertarik mencoba yang mana nih?



Simak Video "Meta Akan Ambil Komisi Hampir 50% di Metaverse"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia