11 Rekomendasi Film Indonesia sampai Prancis tentang Pendidikan

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 29 Des 2021 10:30 WIB
ilustrasi nonton film
Ilustrasi nonton film pendidikan. Foto: iStock
Jakarta -

Film selalu jadi alternatif mengenal dunia, termasuk dunia pendidikan. Berbagai sineas di penjuru dunia berhasil menuangkan masalah pendidikan di negaranya lewat karya film, salah satunya dari Indonesia. Apa saja rekomendasi film Indonesia dan mancanegara tentang pendidikan?

Rekomendasi film Indonesia sampai film Prancis berikut ini mengemas isu sistem pendidikan, disleksia, cita-cita, kematian, dan persahabatan dengan berbagai genre, mulai dari drama sampai komedi. Oh iya, dukung sineas kita dengan menonton film-film berikut dari platform streaming yang legal, ya!

Film tentang Pendidikan

1. I Not Stupid

Film dari Singapura ini mengisahkan Tom, Jerry, dan Chengcai, siswa-siswa yang tidak dihargai guru, keluarga, dan orang-orang sekitarnya karena pencapaian akademik mereka. Bakat dan minat Tom, Jerry, dan Chengcai tidak didukung orangtuanya, yang ingin ketiganya belajar untuk meraih nilai-nilai sempurna. Seiring film, penonton diajak melihat upaya siswa dan orang tuanya menata kembali pandangan tentang pendidikan.

2. Taare Zameen Par

Film drama India ini mengisahkan Ishaan, anak yang penuh imajinasi dan senang menggambar. Hanya saja, ia kerap dianggap sebagai pembuat onar karena tak mengerjakan tugas dengan benar dan mendapat nilai ujian rendah.

Film karya Aamir Khan ini menyorot perjuangan orang disleksia meraih pendidikan di institusi formal seperti sekolah tanpa harus mengalami perundungan dan berkecil hati.

3. Bad Genius

Film Thailand ini bercerita tentang Lynn, siswa sekolah menengah yang cerdas berjuang untuk masuk kuliah dengan beasiswa. Dengan menciptakan sistem mencontek dan kerja sama di ulangan sekolah sampai ujian masuk kampus, Lynn bercita-cita bisa meraih pendidikan, menghidupi diri sendiri, dan tidak mengecewakan ayahnya.

Film karya Nattawut Poonpiriya ini mengajak penonton menyelami pergulatan batin siswa untuk meraih cita-cita, pendidikan, dan masa depan dengan segala cara.

4. 3 Idiots

Film Bolywood ini mengisahkan tiga sahabat, Farhan, Raju, dan Rancho yang harus berjuang di jurusan Teknik dan menghadapi sistem pendidikan di India. Setelah salah satu di antara ketiganya menghilang, cerita bergulir pada pencarian sang sahabat.

5. Hindi Medium

Hindi Medium mengisahkan Raj dan Mita, sepasang orang tua yang menginginkan anak kecilnya dapat pendidikan di sekolah ternama. Dengan kendala persyaratan jarak sekolah sampai tes masuk, keduanya menghalalkan segala cara agar Pia, anaknya, dapat bersekolah di sekolah terbaik.

6. Sokola Rimba

Sokola Rimba mengangkat kisah Butet, seorang perempuan yang meninggalkan kariernya untuk mengajar baca-tulis pada anak-anak di suku pedalaman. Film yang disutradarai Riri Riza ini salah satunya mengajak penonton melihat perjuangan untuk memberikan dan menjemput pendidikan di pelosok Indonesia.

7. Negeri Lima Menara

Film yang diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi ini menceritakan kehidupan Alif, anak yang merantau untuk belajar di pondok karena suruhan ibunya. Di bawah menara masjid yang menjulang, Alif dan teman-teman sesama perantau kerap membayangkan masa depannya di negara dan benua impian masing-masing. Penonton diajak melihat kehidupan di pondok serta impian tentang pendidikan dan masa depan kacamata Alif dan anak-anak pondok.

8. Laskar Pelangi

Film adaptasi dari novel karya Andrea Hirata ini mengisahkan Ikal dan anak-anak desa di Belitung untuk bersekolah di SD yang hampir saja ditutup. Di tengah keterbatasan, guru mereka dan para orang tua berjuang agar anaknya bisa mengenyam pendidikan.

9. The Class (Entre les murs)

Film Prancis ini mengisahkan kegiatan kelas para siswa yang dicap bermasalah bersama gurunya. Sang guru, yang berharap disukai murid-muridnya, belajar menghadapi para siswa yang beranjak dewasa dan mulai mempertanyakan sistem pendidikan di negaranya. Film peraih penghargaan ini mengajak penonton menyelami diskusi guru dan siswa atas berbagai hal yang sebelumnya dianggap norma.

10. Forrest Gump

Siapa bilang orang dengan IQ rendah tak dapat meraih pendidikan? Film peraih penghargaan ini mengisahkan bagaimana Forrest Gump, pemuda dengan IQ 75, berjuang menyelesaikan pendidikan hingga kuliah dan menjemput masa depannya.

11. Theory of Everything

Theory of Everything mengangkat kisah nyata ilmuwan terkenal Stephen Hawking dan istrinya, Jane. Sepanjang film, penonton diajak masuk menyelami dunia Stephen Hawking dan bagaimana ia tak berhenti menuntut ilmu kendati didiagnosis dengan penyakit ALS yang mematikan.

Nah, itu dia deretan rekomendasi film Indonesia sampai Prancis tentang pendidikan yang bisa detikers tonton sepanjang liburan. Selamat menyaksikan!



Simak Video "Isi Kuliah Subuh, Anies Cerita Upaya Bung Karno Berantas Buta Huruf"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia