10 Film Seru buat Liburan Sekolah, Ada Animasi sampai Komedi

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 24 Des 2021 13:45 WIB
Film animasi The Breadwinner, salah satu film seru buat liburan sekolah.
Film animasi The Breadwinner, salah satu film seru buat liburan sekolah. Foto: Tangkapan layar trailer Movie Clips
Jakarta -

Menonton film juga bisa menjadi cara 'jalan-jalan' ke negara lain sepanjang liburan. Nah, ada berbagai sineas yang mengenalkan kehidupan unik sebuah negara beserta budaya dan legenda lewat platform film animasi, komedi, drama, dan fantasi.

Kid World Citizen merangkum film terbaik untuk anak-anak sekolah dalam The Global Education Toolkit for Elementary Learners. Berikut rekomendasi film yang bisa kamu tonton di musim liburan ini. Oh iya, dukung para sineas dengan nonton dari situs legal, ya!

Film Anak buat Liburan Sekolah

1. The Breadwinner

Film animasi ini mengisahkan Parvana, anak 11 tahun di Afghanistan yang harus memotong rambut dan menyamar menjadi laki-laki untuk membantu menghidupi keluarga. Dalam perjalanannya, Parvana mendapatkan banyak kebebasan, namun juga banyak risiko dalam momen-momen sulit untuk menyatukan keluarganya.

2. Please Vote for Me (China)

Film dokumenter ini merekam kisah sebuah kelas 1 SD yang menjalani pemilihan ketua kelas pertamanya secara terbuka. Dengan dua kandidat anak laki-laki dan satu perempuan, kelas yang semula kesulitan mengerti apa arti demokrasi ini mulai bersemangat mengikuti proses 'pemilu' di kelas.

3. Children of Heaven (Iran)

Film peraih penghargaan ini menceritakan kisah Ali, anak laki-laki yang kehilangan sepatu sekolah adiknya, Zahra. Agar orang tuanya tidak kecewa, mereka bergantian memakai sepatu saat sekolah sembari Ali memikirkan cara untuk mendapat sepatu adiknya kembali.

4. The Way Home (Korea Selatan)

Film Korea Selatan ini mengisahkan Sangwoo, anak laki-laki 6 tahun yang hidup di perkotaan harus tinggal di kampung neneknya sementara waktu karena pekerjaan sang ibu. Nenek yang tidak tahu fast food dan kehidupan pedesaan membuat Sangwoo ingin cepat-cepat kembali ke rumah. Namun, jalan pulang ke rumah tidak sesederhana yang ia pikirkan.

5. Ernest and Celestine (Belgia)

Ernest and Celestine adalah film animasi komedi anak-anak peraih penghargaan yang mengisahkan Celestine, tikus kecil yang ingin melihat dunia setelah hidup di gorong-gorong. Petualangannya ditemani Ernest, beruang yang suka mengeluh namun menyelamatkan hidupnya.

6. Big Fish and Begonia (China)

Anime ini bermula dari Chun, anak perempuan dari dunia lain yang berubah jadi lumba-lumba untuk menjelajahi dunia manusia saat menginjak umur 16 tahun. Di perjalanan, ia diselamatkan oleh anak laki-laki dari jaring ikan. Chun merasa bersalah karena anak laki-laki tersebut malah tenggelam.

Big Fish and Begonia (Da Yu Hai Tang) mengisahkan perjalanan Chun mengerti arti pengorbanan, berdamai dengan keterbatasan, kematian, dan emosi.

7. Vicky the Viking (Swedia)

Film komedi live action ini berkisah tentang Vicky, anak kepala desa Viking yang penuh dengan pelaut kuat dan kekar. Tanpa otot sekuat ayahnya, Vicky berusaha menaklukkan diri sendiri dengan menyelamatkan anak-anak desa yang diculik bajak laut.

8. Coco (Meksiko)

Film animasi Disney Coco mengisahkan anak laki-laki bernama Miguel yang berpetualang di negeri kematian. Di peringatan Hari Kematian, ia menyelami identitas dirinya, keluarga, dan makna tradisi yang tidak ia mengerti.

9. Africa United (Rwanda-Afrika Selatan)

Film ini berkisah tentang anak-anak Rwanda menjelajahi tujuh negara demi mengikuti upacara pembukaan Piala Dunia Sepak Bola 2010 di Johannesburg. Film tentang sepak bola ini juga diwarnai dengan lanskap indah di sepanjang perjalanan anak-anak Rwanda.

10. Zarafa (Sudan)

Film animasi produksi Prancis ini bermula tentang Maki, anak kecil yang melarikan diri sebagai budak. Dengan Zarafa, seekor bayi jerapah, Maki bertualang dengan balon udara dari Afrika ke Eropa, melewati gurun, dibantu prajurit Bedouin, sampai bertemu bajak laut Yunani. Film tentang anak di Sudan ini mengisahkan perjalanan Maki mengembalikan Zarafa ke tempat asalnya.


Nah, itu dia film animasi, drama, dan film keluarga yang bisa kamu tonton dengan saudara, orang tua, dan teman selama liburan sekolah. Jangan lupa nonton di situs legal ya. Selamat liburan!



Simak Video "Keren! Film Animasi Indonesia 'Hafiz dan Hafizah' Tayang di 17 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia