Daftar Tontonan Liburan di Indonesiana TV, Animasi sampai Teater

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 24 Des 2021 08:00 WIB
Jadwal Acara Indonesiana TV
Foto: Screenshoot Indonesiana.tv
Jakarta -

Udah siap-siap mau nonton apa aja nih detikers selama liburan? Dokumenter? Film? Atau pertunjukan musik? Semuanya coba disajikan di pengujung 2021 oleh Indonesiana TV menyambut masa liburan di periode Nataru.

Jaringan TV kabel dan streaming di website www.indonesiana.tv merupakan bagian dari kanal budaya INDONESIANA yang dikelola Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek). Menyambut musim liburan, Indonesiana TV merilis sejumlah program tayangan audio visual tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Ahmad Mahendra mengatakan, Indonesiana TV menghadirkan alternatif tayangan sehat untuk anak-anak dan warga Indonesia yang galau dengan tayangan di TV saat ini.

Ia menjelaskan, TV budaya ini menyediakan 50 persen tayangan anak-anak untuk musim liburan, naik dari 20 persen di musim sebelumnya. Dengan demikian, anak-anak bisa menonton bersama keluarga.

"Kalau galau dengan tayangan di TV, Indonesiana TV ini tayangan sehat yang mendukung keberagaman, pengetahuan anak-anak, dan kita semua," kata Mahendra, Kamis (23/12/2021).

"Yuk ikut #BahagiadiRumah di akhir bulan ini, monggo di rumah saja. Ada tayangan musik menarik Festival Musik Tradisi Indonesia sampai Parade Media Baru," imbuhnya.

Mahendra mengatakan, Indonesiana TV juga menjadi platform dan ruang ekspresi untuk diplomasi budaya di luar negeri, di samping menguatkan pengenalan budaya, suku, dan komunitas di dalam negeri.

Untuk itu, tayangan di Indonesiana tengah gencar diberi subtitle bahasa Inggris hingga bahasa Spanyol untuk bahan promosi di kedutaan besar Indonesia di luar negeri.

Salah satu tayangan utama Indonesiana TV di musim liburan, kata Mahendra, yaitu Parade Seni Media Baru yang bekerja sama dengan Garin Nugroho, Festival Musik Tradisi di Danau Toba dan Labuan Bajo, dan liputan Borobudur Writers Festival. Tayangan di Indonesiana TV di antaranya sebagai berikut.


Daftar Tontonan Liburan di Indonesiana TV

1. Wali Songo

Serial animasi "Wali Songo" adalah kisah persahabatan para murid Sunan Kalijaga bernama Kelik, Cipluk dan Ping Ping yang tinggal di desa kecil di Jawa Tengah. Kamu bisa menonton petualangan seru sehari-hari Kelik dan teman-temannya, sambil melihat cara mereka belajar dari teladan ajaran Sunan Kalijaga seperti tentang kerjasama, keterbukaan, toleransi, saling menghargai, kejujuran, kerukunan dan bersatu dalam keberagaman."

Tonton serial Wali Songo DI SINI

2. Corat-Coret

Kak Lala dan Paman Geri mengajak anak-anak menggambar hewan langka di Indonesia, dari pesat sampai babi batang. Tonton Corat-Coret DI SINI

3. Nusa yang Hilang

Di Tepi Sejarah Ep 1: "Nusa Yang Hilang" bercerita tentang Muriel Stuart Walker (Chelsea Islan), wanita kelahiran Skotlandia yang tumbuh besar di Amerika. Ia kemudian pergi ke Bali dan berganti nama menjadi Ketut Tantri. Muriel semula pergi ke Bali karena keindahan pulau tersebut yang ia tonton. Namun, kenyataannya, Ketut Tantri malah terlibat jaringan gerakan bawah tanah, ditangkap, dan dijebloskan ke penjara.

Setelah Jepang menyerah, Ketut Tantri bergabung dengan para pejuang di Surabaya. Ia menjadi penyiar radio gerilya Barisan Pemberontak dengan siaran-siaran proganda berbahasa Inggris. Lewat corong radio, Ketut Tantri mewartakan semua kekejaman tentara Inggris pada rakyat Surabaya. Tonton "Nusa yang Hilang" DI SINI

4. Radio Ibu

Di Tepi Sejarah Ep 2: "Radio Ibu"bercerita tentang Riwu Ga (Arswendy Bening Swara), seorang lelaki tua yang lahir di Sabu, Nusa Tenggara Timur. Riwu bertemu keluarga Bung Karno semasa pembuangan Soekarno di Ende. Riwu adalah mantan pelayan, pengawal, dan sahabat Bung Karno yang menjadi petani jagung di masa tuanya.

Walaupun tinggal di pondok kebun, ia terus mendengarkan radio peninggalan Bu Inggit. Karya yang disutradarai Yustiansyah Lesmana dan Yosep Anggi Noen ini mengisahkan perjalanan Riwu Ga memastikan masa depan cerah Indonesia sesudah merdeka dapat seperti mimpi-mimpi Bung Karno. Streaming "Radio Ibu" DI SINI

5. Sepinya Sepi

Karya Heliana Sinaga dan Yosep Anggi Noen ini mengangkat kisah seorang perempuan tua Tionghoa, The Sin Nio (Laura Basuki), yang berkeinginan ikut terjun ke kancah revolusi. Ia mewujudkan keinginannya dengan masuk tentara sebagai prajurit. The Sin Nio pun harus rela mengubah penampilannya menjadi lelaki, dan memakai nama Moechamad Moechsin.

Namun, The Sin Nio tahu siapa dirinya: orang biasa, bekas prajurit yang keras kepala menjaga masa lalunya, meski harus ditelan kesepian. Kesepian yang tak memberinya tempat. Bahkan dalam kematian sekalipun, makamnya tak pernah mendapat tempat.

Nonton online Di Tepi Sejarah Ep 3: Sepinya Sepi DI SINI

6. Amir, Akhir Sebuah Syair


KaryaIswadi Pratama dan Yosep Anggi Noen ini berkisah tentang Amir Hamzah (Chicco Jerikho), sastrawan yang hidup di masa revolusi sosial di Indonesia.

Keturunan Kesultanan Langkat ini kelak berjuang untuk kedaulatan Indonesia bersama Armin Pane dan Sutan Takdir lewat pena, kata-kata, sajak, roman, risalah, dan kisah. Untuk itu, Amir telah mengorbankan diri dan hidupnya.

Demi kewajibannya pada keluarga, Amir meninggalkan perjuangannya untuk Indonesia. Amir tak bisa lagi menulis syair, tapi sajak-sajaknya, yang seluruhnya bernada liris itu, masih menyisakan gema.

Di akhir hidupnya, ia dipancung oleh seorang algojo bernama Ijang Widjaja, yang merupakan guru silat Amir di masa kanak-kanak. Ijang dipenjara akibat keterlibatannya sebagai algojo.

Namun, ia dibebaskan setelah menjalani beberapa tahun hukuman dan menjadi gila lantaran tak mampu menanggung rasa bersalah yang terus menghantuinya.

Tonton online Amir Hamzah DI SINI

7. Pekan Kesenian Nasional

Seri Pekan Kesenian Nasional menghadirkan pertunjukan seni dari berbagai daerah di nusantara yang sarat makna. Beberapa pertunjukan di Pekan Kesenian Nasional di antaranya yaitu pertunjukan musik tradisi Kolintang Kawanua dari Sulawesi Utara, Gendang Beleq dari Lombok, Nusa Tuak dari Nusa Tenggara Timur, hingga Tari Kecak Rina.

Tonton Pekan Kesenian Nasional DI SINI

8. Drayang The Movie: Lentera Ksatria

"Drayang The Movie: Lentera Ksatria" merupakan persembahan sendratari tentang perspektif cinta dan kesetiaan dari kisah Rama dan Sinta melalui sudut pandang tokoh Wibisana (Bathara Saverigadi Dewandoro).

Kisah Lentera Ksatria bermula dari kemarahan Rahwana yang menolak mengembalikan Sinta pada Ramawijaya. Kelak, istana Alengka dibakar Hanoman, utusan Ramawijaya, untuk mencari tahu kabar Sinta di sana. Tonton Lentera Ksatria DI SINI

9. Ethnocestra Erwin Gutawa

Ethnocestra bersama Erwin Gutawa: Berkarya Bagi Bangsa merupakan pertunjukan orkestra daring yang menampilkan Krisdayanti, Albert Fakdawer, dan Woro Mustiko. Streaming Ethnocestra DI SINI

10. Musik Magi

Ayub Jonn menjelajahi cerita musik tradisi dari Jungga di Sumba hingga Gondang Toba di Sumatera Utara bersama musisi senior Ata Ratu, musisi kontemporer basis tradisi Elson Umbu Riada, maestro Toba Marsius Sitohang, kelompok gondang di Sianjur, sampai generasi seruling muda Roland Tobing. Tonton online Musik Magi DI SINI

11. Senandung Lagu Anak Nusantara

Senandung Lagu Anak Nusantara mengajak kamu belajar beragam lagu anak daerah yang diiringi alat musik tradisional maupun modern. Setiap episode menghadirkan lagu serta mengenali makna tersiratnya. Tonton Senandung Lagu Anak Nusantara DI SINI

Mahendra menambahkan, pegiat budaya juga dapat mengirimkan video karyanya ke Indonesiana untuk dikurasi dan ditayangkan di Indonesiana TV.

Ojax Manalu, pegiat seni budaya dan pelaksana Festival Musik Tradisi Indonesia Danau Toba menuturkan, platform Indonesiana TV juga menjadi ruang untuk membangun rasa kebanggan seniman.

"Lewat platform yang difasilitasi negara, disebarkan ke banyak pihak. Terutama buat saya, ini buat kita harus bangga dengan kebudayaan dan yakin dengan yang kita jalani ini. Dan dengan ini, komunitas tidak berjalan sendiri, sehingga dapat muncul harapan besar," tuturnya.

Penasaran gimana pertunjukan para pegiat seni budaya beraksi? Cek daftar tontonan liburan lengkapnya di www.indonesiana.tv. Selamat liburan dan #BahagiadiRumah aja ya!

Simak juga 'Cikini Walking Tour, Sensasi Jelajahi Museum hingga Kuliner Jadul':

[Gambas:Video 20detik]



(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia