9 Macam Pekerjaan Tanpa Gelar Sarjana, Nomor 5 Banyak Dicari Orang

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 23 Nov 2021 14:30 WIB
Beginilah potret pramugari Garuda Indonesia saat melayani ditengah pandemi Corona. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna kebaikan bersama di era new normal.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gelar sarjana umumnya menjadi salah satu syarat untuk bekerja dalam sebuah bidang. Namun, ternyata tak semua profesi membutuhkan syarat tersebut.

Ada sembilan pekerjaan yang tak membutuhkan gelar sarjana. Artinya, detikers yang merupakan lulusan SMA/SMK dan sederajat bisa mendalami profesi tersebut.

Dikutip dari CNN Indonesia, walaupun tak membutuhkan gelar sarjana, detikers juga perlu menambah keterampilan dengan mengikuti pelatihan, magang, maupun sertifikasi lainnya untuk karier di masa depan.

Pekerjaan yang Tak Perlu Gelar Sarjana

  • 1. Petugas Damkar

Petugas pemadam kebakaran atau damkar menjadi salah satu profesi yang tak melihat gelar sarjana. Mereka umumnya disyaratkan berijazah minimal SMA.

Sehari-hari selain memadamkan kebakaran, mereka juga bertugas membantu kecelakaan, penyelamatan, situasi darurat, hingga musibah bencana. Walau hanya bergelar SMA, mereka bisa naik pangkat seiring masa kerjanya.

  • 2. Penerjemah

Sebagai penerjemah, detikers diharuskan menerjemahkan teks atau tulisan, baik di jurnal, artikel, atau film ke bahasa yang diminta. Mereka yang melakukan pekerjaan ini tak membutuhkan gelar sarjana.

  • 3. Pramugari

Pekerjaan sebagai pramugari atau pramugara tak membutuhkan gelar sarjana. Umumnya, pekerjaan ini mengharuskan pelamarnya adalah lulusan SMA atau sederajat, meskipun ada sedikit perbedaan antara maskapai yang satu dengan lainnya.

  • 4. Frontliner

Frontliner adalah pekerjaan di bidang jasa yang bertugas melayani pelanggan secara langsung. Macam pekerjaan ini, contohnya adalah resepsionis, customer service (CS), petugas loket, hingga sales.

Pekerjaan ini tak mematok pelamarnya untuk bergelar sarjana. Mereka yang lulusan SMA, SMK, atau D3 bisa melamar tergantung perusahaan masing-masing.

  • 5. Masinis

Sopir kereta api atau masinis merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari orang. Ternyata, pekerjaan ini tak mematok pelamarnya harus bergelar sarjana, lho.

Melansir situs PT KAI, syarat pendidikan untuk posisi masinis adalah lulusan SMA jurusan IPA atau SMK dengan konsentrasi bidang listrik, mesin, dan otomotif.

  • 6. Mekanik

Pekerjaan mekanik membutuhkan keterampilan dan ketelitian untuk memeriksa sebuah kendaraan. Selain itu, mereka juga perlu tahu cara merawat dan melakukan perbaikan.

Tak perlu gelar sarjana, cukup dengan ijazah SMA atau sekolah kejuruan Anda bisa menjadi seorang mekanik. Walaupun begitu, pekerjaan ini juga tak menutup kemungkinan untuk pelatihan lanjutan bila ingin menggeluti lebih dalam.

  • 7. Guru Les Privat

Pekerjaan yang tak memerlukan gelar lainnya adalah guru privat atau tutor. Pekerjaan ini biasa dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dari jurusan pendidikan.

Para mahasiswa biasanya mengajar secara mandiri dengan menawarkan jasa ke tetangga atau saudaranya. Walaupun begitu, beberapa lembaga les mewajibkan para gurunya bergelar sarjana.

  • 8. Wirausaha

Wirausaha menjadi pekerjaan yang tak memandang gelar sarjana. Pekerjaan ini mulai banyak dilirik oleh generasi muda karena dianggap menyenangkan bisa menyalurkan hobi menjadi bisnis.

Terlebih, pekerjaan ini bisa dibantu dengan teknologi yang semakin modern, Untuk menjadi wirausaha Anda tak harus memahami bisnis saja, tetapi juga desain, konten, hingga situs web demi memperluas pemasukan.

  • 9. MUA

MUA atau penata rias banyak digemari oleh para wanita. Pekerjaan ini memerlukan keterampilan dalam merias wajah serta manajemen waktu yang baik.

Anda tak perlu bergelar sarjana untuk pekerjaan ini, karena Anda bisa mengasah keterampilan dengan mengikuti les, kursus, atau sertifikasi demi hasil yang lebih baik.

Detikers, tertarik dengan salah satu pekerjaan di atas?

Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia