10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Punya Peluang WFH Terbesar

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 22 Nov 2021 13:45 WIB
an asian chinese mid adult woman working in dining room typing using her laptop
Foto: Getty Images/chee gin tan
Jakarta - Setelah bekerja dari rumah selama kurang lebih dua tahun akibat pandemi COVID-19, kini banyak orang semakin terbiasa untuk melakukan WFH. Dilansir dari CNBC Make It, FlexJobs dari Amerika Serikat menyelenggarakan sebuah survei tentang hal ini pada Agustus lalu.

Mereka melakukan survei terhadap 4.612 pencari kerja dan menanyakan situasi kerja seperti apa yang menurut mereka ideal pasca pandemi ini. Hasilnya, 58 persen orang menyatakan ingin pekerjaan yang memberikan kesempatan bekerja dari rumah secara penuh. Sementara 38 persen di antaranya menginginkan skema gabungan dari kerja di kantor dan di rumah.

Kantor Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat kemudian memaparkan beberapa pekerjaan permanen yang memberi kesempatan bekerja dari rumah, berdasarkan penelitian yang mereka lakukan. Simak daftarnya di bawah ini.

10 Pekerjaan dengan Peluang WFH Paling Tinggi

1. Market Research Analyst and Marketing Specialist

Profesi ini melibatkan tugas untuk melakukan riset terhadap pasar lokal, regional, nasional, maupun online. Posisi ini juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi, guna menentukan potensi penjualan dan merencanakan skema pemasaran. Gaji rata-rata untuk pekerjaan ini adalah $ 65,810 atau Rp 939 juta per tahun.

2. Software Developers

Seorang pengembang perangkat lunak mempunyai pekerjaan untuk mendesain aplikasi atau program komputer. Gaji rata-rata per tahunnya sekitar Rp 1,6 miliar.

3. Pengacara

Pengacara tugasnya adalah memberikan masukan dan mewakili individu, bisnis, atau kantor pemerintahan dalam sebuah kasus dan sengketa hukum. Rerata gaji per tahun untuk seorang pengacara adalah $ 126,930 Rp 1,8 miliar.

4. Fundraiser

Seorang fundraiser atau penggalang dana tugasnya adalah mengatur penyelenggaraan sebuah acara dan kampanye untuk menggalang dana atau donasi apapun, bagi sebuah organisasi. Rata-rata gaji per tahun untuk seorang fundraiser adalah $ 59,610 atau Rp 850,5 juta.

5. Sales Representative, Wholesale and Manufacturing, Technical and Scientific Products

Pekerjaan ini menghendaki lulusan dari jurusan seperti biologi, mesin, kimia, atau elektronik. Posisi tersebut bertanggung jawab untuk menjual produk pada pihak grosir atau produsen/manufaktur. Gaji rata-rata tahunan pekerjaan ini adalah $ 86,650 atau Rp 1,2 miliar.

6. Computer Network Architects

Seorang arsitek jaringan komputer bertugas mendesain dan membangun jaringan data komunikasi, termasuk local area networks (LANs), wide area networks (WANs), dan intranet. Gaji rata-rata tahunan profesi ini adalah $ 116,780 atau Rp 1,6 miliar.

7. Computer Programmers

Seorang programmer akan membuat dan melakukan tes kode yang akan membuat aplikasi dan software dalam komputer dapat bekerja dengan baik. Rata-rata gaji tahunan seorang programmer komputer adalah $ 89,190 atau Rp 1,3 miliar.

8. Computer Systems Analyst

Masih di lingkup teknologi, computer system analyst menjadi pekerjaan berikutnya dengan peluang WFH yang tinggi. Tugas posisi ini adalah menganalisis sistem komputer sebuah perusahaan dan menemukan solusi yang lebih efisien dan efektif. Rata-rata gaji tahunannya sekitar $ 93,730 atau Rp 1,3 miliar.

9. Sales Managers

Profesi sales managers bertugas memimpin tim sales atau penjualan. Kisaran gaji tahunannya rata-rata $ 132,290 Rp 1,9 miliar.

10. Computer and Information Systems Managers

Dalam sebuah perusahaan, tugas untuk computer and information systems managers adalah merencanakan, melakukan koordinasi, dan memimpin aktivitas yang berhubungan dengan hal tersebut. Rerata gaji tahunan posisi ini adalah $ 151,150 atau Rp 2,2 miliar.

Berdasarkan daftar pekerjaan di atas, banyak di antaranya merupakan profesi di bidang informasi dan teknologi atau komputer. Detikers juga tertarik bekerja dari rumah?

Simak Video "Jakarta Level 2, Epidemiolog Minta Perbanyak WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia