Keren! Angklung Kayu Pertama di Dunia Diluncurkan di Tokyo

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 20:00 WIB
Dubes RI untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan Angklung kayu, karya anak bangsa, Dhany Irfansyah, di Wisma Duta Tokyo Selasa
Foto: Dubes KBRI Tokyo
Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Angklung Sedunia 2021, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, meluncurkan angklung kayu pertama di dunia yang diciptakan oleh anak bangsa di Wisma Duta Tokyo.

Angklung kayu ini diciptakan oleh Dhany Irfansyah. Dhany sendiri telah tinggal di Jepang selama 16 tahun. Karena kreasinya yang inovatif, ia mendapatkan apresiasi dari Heri dan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie.

"Angklung kayu ini adalah inovasi terbaru dalam seni budaya angklung. Kang Dhany Irfan menciptakan angklung dengan memanfaatkan bahan kayu yang dapat dengan mudah ditemui di setiap negara. Ini tentunya menjadi pendorong penyebaran angklung di seluruh dunia," kata Heri dari keterangan yang diterima detikEdu, Selasa (16/11).

Mendapatkan apreasiasi yang baik, Dhany mengaku senang dan bersyukur atas angklung kayu ciptaannya.

"Syukur alhamdulillah atas dukungan dari Bapak Dubes. Sebelumnya saya mencoba untuk membuat dari bambu Jepang. Tapi ternyata bambu Jepang kurang cocok untuk bahan angklung. Angklung kayu ini saya ciptakan semata untuk memudahkan negara-negara lain membuat angklung dari bahan dasar kayu. Sehingga alat musik angklung bisa menyebar ke seluruh dunia," kata Dhany.

Sebelum menciptakan angklung kayu, Dhany juga merupakan merupakan staf KBRI Tokyo menciptakan Angklung Digital melalui aplikasi mobile pada 2010. Angklung digital masuk ke dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yang didaftarkan oleh Indosat Ooredoo, bersama Saung Udjo dan Masagistudio pada tanggal 20 November 2016.

Menurut catatan MURI, sebanyak 3.218 orang memainkan angklung digital melalui smartphone. Selain diciptakan oleh Dhany, angklung digital juga diciptakan oleh Yulius Wibowo. Cara memainkan angklung akustik ini juga dengan digoyangkan.

Angklung kayu karya Dhany ini dapat dilihat secara live di Instagram @KBRITokyo.



Simak Video "Ragam Alat Musik Tradisional Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia