Apa Saja Alat Musik Idiofon? Yuk Kenali Contohnya

Olivia Sabat - detikEdu
Kamis, 11 Nov 2021 13:30 WIB
Ilustrasi angklung
Salah satu jenis alat musik idiofon (Foto: Getty Images/iStockphoto/RossiAgung)
Jakarta -

Bagi pencipta lagu, pemilihan alat musik merupakan hal penting yang dapat mendukung komposisi musik. Instrumen yang tepat akan menciptakan warna nada yang sesuai dengan karakter pencipta lagu.

Seperti dikutip dari Modul Kemdikbud Seni Budaya yang disusun oleh Firdaus Budhi, berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibedakan menjadi lima, yaitu idiofon, aerofon, kordofon, membranofon, dan elektrofon.

Alat musik idiofon adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Dikutip dari buku 'Mahir Bermain Gitar' oleh Ahmad Fasial Al Kautsar, pengertian lain idiofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik tersebut.

Sementara aerofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Kemudian, kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai.

Selanjutnya, membranofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput atau membran. Lalu, elektrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan melalui tenaga listrik.

Contoh Alat Musik Idiofon

Mengutip Britannica, idiofon adalah alat musik yang terbuat dari bahan padat yang beresonansi. Alat musik idiofon atau idiophone umumnya terbuat dari kayu, logam, atau batu yang bergetar untuk menghasilkan suara awal.

Contoh-contoh alat musik idiofon:

1. Kolintang

Kolintang merupakan alat musik pukul yang berasal dari Sulawesi Utara. Kolintang terbuat dari bilah-bilah kayu yang disusun berderet sesuai urutan nadanya.

2. Drum

Drum termasuk dalam kelompok alat perkusi yang terbuat dari kulit yang direntangkan. Untuk menghasilkan suara, drum dimainkan dengan cara dipukul.

3. Bongo

Bongo adalah alat musik pukul atau perkusi yang terdiri dari drum besar dan kecil yang disatukan menggunakan penjepit kayu di bagian tengah.
Bongo termasuk dalam alat musik idiofon karena suaranya dihasilkan melalui getaran membran yang menutup permukaan atas yang terbuat dari kulit binatang.

4. Kabasa

Kabasa merupakan alat perkusi yang terbuat dari gulungan rantai bola besi yang dililit mengelilingi silinder. Bidang silinder ini kemudian disatukan pada pemegang panjang dan sempit yang terbuat dari kayu atau plastik. Untuk menghasilkan suara, kabasa dimainkan dengan cara menggetarkan rantai bola besi.

5. Angklung

Angklung adalah alat musik asal Jawa Barat yang terbuat dari bambu atau tabung bambu. Termasuk dalam alat musik idiofon, angklung dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga bambu-bambu saling berbenturan dan menghasilkan suara.



Simak Video "Penjaga 'Terakhir' Warisan Gambang Kromong dari Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia