Mau Magang di Organisasi Internasional? Duta Besar RI Ini Ungkap Besarnya Peluang

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 29 Okt 2021 18:00 WIB
Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas mengunjungi 
markas FC Utrecht. Kedatangan Mayerfas untuk menemui Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri.
Foto: Istimewa/Kedubes Belanda/Mau Magang di Organisasi Internasional? Duta Besar RI di Belanda Ungkap Besarnya Peluang
Jakarta - Peluang bekerja di organisasi internasional rupanya masih terbuka cukup lebar bagi para warga negara Indonesia. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Duta Besar RI di Belanda.

"Masih belum banyak warga negara Indonesia yang bekerja di berbagai organisasi multilateral. Atau organisasi baik pada tingkat regional maupun tingkat global. Padahal peluang untuk itu sangat besar sekali," kata Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, H. E. Mayerfas pada bincang virtual bertajuk Talk Show on Working and Internship Opportunities in International Organizations II, Kamis (28/10/2021).

Mayerfas mengungkapkan ada sekitar lebih dari 200 organisasi multilateral di tingkat global seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), maupun di tingkat regional seperti ASEAN dan yang lainnya.

Melihat potensi yang sangat besar ini, Mayerfas mengimbau agar para pelajar Indonesia mencari peluang bekerja atau magang di organisasi internasional. Menurutnya, dengan hal ini warga Indonesia dapat terlibat pada proses menetapkan keputusan atau decision making.

Mayerfas mengatakan, di satu organisasi internasional ada banyak kesempatan yang dibuka untuk para negara anggota. Mereka juga membutuhkan tenaga yang berasal dari berbagai bidang, tak terkecuali sektor keamanan.

Namun, dirinya juga mengingatkan untuk menyiapkan modal penting setidaknya bahasa Inggris dan bisa ditambah bahasa lain yang digunakan dalam lingkup PBB.

Dalam program ini hadir sejumlah narasumber yang pernah mengemban pengalaman di Sekretariat PBB, New York dan The Hague Conference on Private International Law (HCCH) di Den Haag. Para narasumber tersebut menyebutkan, magang di organisasi internasional memberi kesempatan pada yang bersangkutan untuk membangun jaringan, menghemat learning curve, memberikan kepastian atas pilihan karir yang ingin ditempuh, dan mengenali diri sendiri.

Keterwakilan Indonesia pada organisasi internasional berdampak pada beberapa hal:

1. Promosi budaya Indonesia dan kompetensi Indonesia sebagai negara dengan SDM setara global

2. Membuka akses bagi WNI lain untuk masuk ke organisasi internasional

3. Menunjukkan multilateralisme dan kontribusi Indonesia di dunia internasional ketika ada WNI yang menempati posisi strategis.

Meski begitu, ada penyebab kurangnya jumlah keterwakilan Indonesia dalam organisasi internasional. Kurangnya informasi adalah salah satu faktornya.

Mayerfas juga menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sering berpesan untuk melihat peluang bekerja atau magang di luar negeri. Hal ini disebutkan dapat memperkuat jaringan Indonesia di tingkat global.



Simak Video "Aktivis Lingkungan di Belanda Tuntut Aksi Nyata Atasi Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia