Oki Setiana Raih Gelar Doktor Saat Hamil 9 Bulan, Ini Kisahnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 18 Okt 2021 17:30 WIB
Oki Setiana Dewi
Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Oki Setiana Dewi berhasil meraih gelar doktor dalam keadaan hamil 9 bulan. Selain itu ia juga berhasil lulus dengan predikat cum laude.

Sebelumnya Oki merupakan lulusan Universitas Indonesia dengan gelar S1 di jurusan Sastra Belanda. Kemudian ia melanjutkan gelar S2 di Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.

Belum lama ini, ia bahkan sudah mengantongi gelar Doktor Kajian Islam Konsentrasi Dakwah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Diakui Oki, belajar memang merupakan caranya untuk menghibur diri.

"Setiap orang kan punya hobi beda-beda. Ada yang suka masak, jahit, olahraga. Nah Oki tuh suka banget belajar dan kuliah. Kalau lagi sedih, yang bikin happy tuh belajar," ungkap Oki dari laman HaiBunda.

Oki Setiana akan melaksanakan ujian promosi Doktornya pada 23 Oktober 2020 lalu. Sebelum melaksanakan ujian, Oki mengaku gerogi.

"Sebentar lagi mau ujian.. doain yaa.. deg-degan, tangan dingin, mules , mual hehe.." tulis Oki Setiana Dewi.

Oki mengaku ketika menempuh pendidikan S2 dan S3 dirinya sedanga hamil. Namun ia tetap menjalani kehamilannya dengan suka cita meski harus meraih gelar S2 dan S3. Hal itu dilakukan agar dapat fokus mengurus anak setelah melahirkan.

"Setiap Oki hamil itu pasti lagi sekolah, dan biasanya sudah tinggal ujian terakhir. Oki tahu nih seminggu lagi kayaknya sudah melahirkan nih, jadi aku kebut sidang. Karena kalau sudah melahirkan pasti sibuk mengurus anak, jadi benar-benar ngejar," kata Oki.

Oki juga bercerita jika saat melanjutkan kuliah, dirinya juga didukung oleh sang suami dan keluarganya. Ia mengaku sempat ingin mundur di tengah jalan namun suaminya tetap mendorong Oki untuk tetap fokus berkuliah.

"Di tengah perjalanan, nyatanya saya tidak se-strong itu. Beberapa kali saya sampaikan pada suami, 'Enggak usah diselesaikan ya kuliahnya'. Lagi-lagi, beliau mengatakan, 'Kamu bisa kok. Kenapa harus berhenti'. Saya rasa, kalau saya tidak memiliki supporter seperti beliau, mustahil saya berada dalam pencapaian studi seperti ini," tulis Oki.

Oki juga mengatakan di atas podium alasan ia berkuliah agar dapat menjadi inspirasi bagi anak-anaknya agar giat bersekolah karena di keluarganya belum ada yang mencapai tingkat studi doctoral sepertinya.

Simak kisah lengkapnya di SINI.



Simak Video "Alasan Oki Setiana Dewi Makamkan Ayahanda di Pesantren Daarul Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia