6 Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda, Yuk Tiru!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 07 Okt 2021 07:00 WIB
Maudy Ayunda
Foto: YouTube Maudy Ayunda
Jakarta - Pandemi membuat kebiasaan belajar siswa berubah. Dari yang sebelumnya banyak interaksi materi dan tugas di sekolah, kini meskipun ada pertemuan tatap muka terbatas, murid juga masih belajar secara daring.

Oleh karena itu, agar belajar menghasilkan pemahaman yang maksimal diperlukan cara belajar yang efektif. Siswa perlu mencari cara paling efektif agar bisa mengelola stres di tengah pembelajaran jarak jauh maupun sekolah tatap muka pada era pandemi.

Sebagai salah satu lulusan Universitas terbaik dunia yakni Universitas Stanford, Maudy Ayunda membagikan cara belajar yang efektif untuk siswa. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip laman Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Rabu (6/10/2021).

6 Cara Belajar Efektif untuk Siswa:

1. Fleksibel dan Adaptif

Maksudnya siswa bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan dapat membantu siswa mempelajari hal-hal baru. Saat memasuki lingkungan baru, kamu juga harus aktif bersosialisasi untuk menemukan teman baru yang bisa membantumu dalam berbagai urusan.

Bagi siswa yang memiliki kepribadian tertutup bisa mulai melakukan sosialisasi melalui komunitas yang disukai atau hobi yang diinginkan.

2. Membaca Buku

Salah satu kunci dalam belajar adalah membaca. Tak heran ada pepatah buku adalah gudang ilmu. Rajin membaca buku merupakan poin penting untuk memperluas wawasan.

Mulailah mencintai buku secara perlahan. Kamu dapat melatih diri membaca buku yang kamu suka dengan menjadikannya sebagai sebuah rutinitas sehari-hari.

3. Memahami Konsep

Siswa wajib tahu bahwa belajar itu bukan untuk hafalan. Hal yang lebih penting adalah harus memahami konsep dan inti materinya.

Kalau hanya hafal tapi tidak mengerti poinnya, kamu akan terus mengulang materi karena tidak memahami konsep. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu belajarmu.

4. Koreksi Hasil Ulangan/Ujian

Setelah ujian selesai, biasanya guru akan membagikan hasil ujian beserta jawabannya. Nah, mulai dari situ kamu bisa mempelajari lagi. Lakukanlah learning by mistake atau belajar dari kesalahan sebelumnya.

Perhatikan jawabanmu yang ternyata salah. Dari koreksi itu, kamu bisa memperbaiki dan jika menemukan soal itu lagi, kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Selain itu, siswa juga perlu mempelajari pola-pola terhadap soal yang salah, agar setiap siswa lebih memahami kekurangannya dan segera diperbaiki.

5. Menulis

Kemampuan menulis yang baik sangat dibutuhkan untuk membuat berbagai artikel atau karya ilmiah. Selain itu kemampuan menulis yang baik juga dapat memudahkan saat mendaftar di organisasi atau beasiswa.

6. Terapkan Study-Life Balance

Ambisi dan fokus belajar boleh tapi jangan lupa luangkan waktumu untuk menyalurkan hobi. Seimbangkan kegiatan akademis dengan kehidupan personal.

Cara ini perlu dilakukan agar siswa tidak terlalu stres. Dengan begitu, siswa bisa menyerap ilmu lebih banyak ketika suasana bagus.

Itulah 6 cara belajar efektif dari Maudy Ayunda untuk siswa. Yuk tiru biar detikers ketularan pintarnya Maudy Ayunda!

Simak Video "Miris! Murid MI di Polman Belajar Tanpa Meja-Kursi karena Kelas Ambruk"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia