Keren! 26 Mahasiswa Jepang Ini Belajar Tari Jaipong dan Degung Jawa Barat

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 16 Sep 2021 12:00 WIB
Mahasiswa Jepang Belajar Tari Jaipong dan Degung
Foto: Dok. KBRI Tokyo
Jakarta - Sebanyak 26 mahasiswa Jepang dan pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari Universitas Keio Kampus Shonan Fujisawa, Kanagawa, Jepang mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia. Mulai dari tari daerah Jaipong hingga alat musik Degung dari Jawa Barat.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengaku bangga melihat antusiasme dari mahasiswa Jepang tersebut dalam mempelajari kebudayaan Indonesia.

"Saya bangga melihat generasi muda Jepang antusias belajar bahasa dan budaya Indonesia. Hari ini mereka juga belajar Tari Jaipong dan Degung. Saya berharap ini bisa membuat mereka semakin mencintai Indonesia," kata Heri dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Rabu, (15/9/2021).

Berdasarkan penuturannya, para mahasiswa Jepang tersebut tengah ikut serta dalam kegiatan promosi budaya dan pariwisata "Indonesia Day: Pesona Seni Budaya Jawa Barat" yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu, (15/9/2021) kemarin.

Selain dihadiri langsung oleh mahasiswa Jepang di ruang promosi Japan Indonesia Partnership Lounge (Jaipong) KBRI Tokyo, kegiatan promosi budaya ini pun turut diramaikan oleh para pelajar dan pemelajar BIPA dari berbagai belahan dunia secara daring.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mempromosikan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Jepang. Khususnya mahasiswa dari Universitas Keio.

Mahasiswa Jepang Belajar Tari Jaipong dan DegungMahasiswa Jepang Belajar Tari Jaipong dan Degung Foto: Dok. KBRI Tokyo

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemelajar Bahasa Indonesia di Universitas Keio untuk mempraktikkan dan memperkaya kemampuan Bahasa Indonesia mereka.

Ketua Program Bahasa Indonesia Universitas Keio Profesor Yo Nonaka menambahkan bahwa ia mengapresiasi kegiatan ini. Meskipun terhalang pandemi, pihaknya menjadikan kegiatan promosi budaya ini sebagai fasilitas untuk menghadirkan suasana Indonesia bagi para mahasiswa.

"Akibat kondisi pandemi, kami tidak dapat berkunjung ke Indonesia. Jadi, kami berusaha menghadirkan Indonesia dengan membawa para mahasiswa ke KBRI Tokyo. Mereka bisa merasakan suasana Indonesia dengan melihat dan belajar langsung tari Jaipong dan Degung Jawa Barat. Para mahasiswa juga antusias bisa diskusi langsung dengan Bapak Duta Besar. Terima kasih kepada KBRI Tokyo," kata Yo Nonaka.

Selain berkesempatan untuk menyaksikan langsung tarian Jaipong dan kesenian Degung Jawa Barat, para mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mempraktekkan dua kesenian tersebut.

Mahasiswa Jepang yang hadir dalam kegiatan juga mendapat ragam jajan khas Jawa Barat untuk omiyage atau oleh-oleh. Seperti, gehu dan pisang molen.

Sebagai penutup, Yo Nonaka berharap para mahasiswanya menjadi lebih bersemangat dalam mempelajari kekayaan seni dan budaya Indonesia.



Simak Video "Bangganya Melihat Batik Indonesia Mejeng di Takashimaya Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia