4 Musim di Jepang Berdasarkan Bulan, dari Semi hingga Dingin

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 01 Sep 2021 15:00 WIB
Women photograph cherry blossom in St Jamess Park as the lockdown continues in London, Tuesday, March 23, 2021. A year to the day since Prime Minister Boris Johnson first put the country under lockdown to slow the fast-spreading coronavirus, a national day of reflection is being organized to remember the people who died after contracting COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Foto: AP Photo/4 Musim di Jepang Berdasarkan Bulan, dari Semi hingga Dingin
Jakarta - Pembagian musim di Jepang berbeda dengan Indonesia yang hanya mengalami dua musim. Di Jepang, terdapat empat musim dalam satu tahun yakni musim semi, panas, gugur dan dingin.


Musim semi akan berlangsung bulan Maret sampai dengan Mei, musim panas berlangsung bulan Juni sampai dengan Agustus, musim gugur berlangsung bulan September sampai dengan November, dan musim dingin akan berlangsung mulai Desember hingga Februari.


4 musim di Jepang dikutip dari berbagai sumber:

  • Musim Semi


Musim semi yang berlangsung pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Musim semi adalah waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang di Jepang.


Hal itu dikarenakan bunga Sakura akan mekar di seluruh Jepang. Biasanya awal musim semi juga ditandai dengan mekarnya bunga Sakura pada akhir bulan Maret setiap tahun. Musim semi juga menandakan suhu udara tak lagi dingin dan mulai hangat.


Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan saat orang Jepang adalah menonton pemandangan bunga Sakura atau disebut dengan ohanami. Kegiatan ohanami biasanya dipenuhi dengan acara makan dan minum serta bernyanyi.

  • Musim Panas


Musim panas di Jepang berlangsung pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Setelah musim semi, biasanya suhu udara rata-rata di Jepang akan terus meningkat sepanjang Agustus.


Namun, seringkali pada musim panas Jepang dimulai setelah cuaca hujan sering melanda sekitar bulan Mei hingga Juli. Bahkan dalam waktu yang lama dan cukup deras.

  • Musim Gugur


Selanjutnya, musim di Jepang pada bulan September sampai dengan November akan berlangsung musim gugur. Pada musim ini, banyak pepohonan mulai menguning dan berguguran dengan Indah.


Biasanya orang Jepang akan menikmati pemandangan musim gugur di kawasan Taman Rikugien, Distrik Bunkyo, Tokyo, Jepang. Selain itu, ada juga Hibiya Park di mana pemandangan musim gugur menjadi semakin indah lewat pantulan refleksi kolam.

  • Musim Dingin


Musim terakhir di Jepang adalah musim dingin atau musim salju. Musim ini berlangsung antara bulan Desember sampai dengan Februari.


Pada musim dingin, akan banyak festival salju yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jepang. Sebut saja yang paling terkenal adalah festival salju Sapporo di ibu kota Hokkaido yang berlangsung selama 3 minggu.


Uniknya, udara di Sapporo saat musim dingin seringkali relatif lebih hangat dibanding kota lain. Hal ini yang menjadikan banyak orang menantikan berbagai hiasan salju dan patung es yang indah.

Simak Video "Gempa M 6,1 Guncang Tokyo, Listrik Stasiun Padam-Lampu Jalan Goyang"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia