Ospek Unnes Pecahkan Rekor Muri Senam Daring dengan Peserta Terbanyak

Angling Adhitya Purbaya - detikEdu
Jumat, 20 Agu 2021 20:31 WIB
Unnes mendapatkan penghargaan dari MURI Senam Stay At Home dengan peserta terbanyak
Unnes mendapatkan penghargaan dari MURI Senam Stay At Home dengan peserta terbanyak (Angling P)
Semarang -

Pengenalan kampus atau ospek Universitas Negeri Semarang (UNNES) sempat viral pekan lalu karena tugasnya dianggap berat. Namun hari ini kegiatan ospek UNNES diganjar penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor yang dipecahkan yaitu kegiatan Senam Stay at Home (SAH) dengan peserta terbanyak yakni 1.015 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNNES. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga mengikuti acara itu lewat daring.

"Senam Stay at Home ini lahir dari situasi pandemi, maka kami di Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk selalu olahraga, untuk itu kami memprakarsai Senam Stay at Home. Senam ini mendapat antusias dan respon yang luar biasa dari masyarakat. Saya mengapresiasi kerjasama Kemenpora dengan UNNES untuk menyelanggarakan Senam SAH secara virtual," kata Zainudin dalam sambutannya, Jumat (20/8/2021).

Sementara itu Ketua Muri, Jaya Suprana mengatakan FIK UNNES telah memberi contoh penerapan pola hidup sehat melalui Senam SAH virtual yang diprakarsai oleh Menpora dan dengan jumlah partisipan terbanyak yaitu diikuti oleh 1.015 mahasiswa. Rekor yang dipecahkan yaitu rekor Senam Stay at Home dengan Peserta Terbanyak.

"Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat dianjurkan untuk diterapkan pada kehidupan masa pandemi ini yang salah satu kegiatannya ialah rutin berolahraga. Dengan ini Muri menyatakan dan meneguhkan bahwa Senam SAH dadri Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES Sebagai rekor Muri Indonesia," tandasnya.

Dekan FIK UNNES Tandiyo Rahayu mengatakan senam SAH diprakarsai Kemenpora sebagai aktifitas jasmani di kala pandemi yang bisa dilakukan di ruangan sempit.

"Senam SAH berisi rangkaian aktivitas fisik yang teratur, terukur, berirama dan dapat dilakukan dimana saja, termasuk di dalam rumah dengan ruang yang terbatas. Ini sekaligus menjawab dan mengisi misi besar Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk membangun olahraga nasional melalui langkah-langkah sistematis dalam sebuah disain besar yang disebut Grand Disain Olahraga Nasional (GDON)," jelas Tandiyo.

Pemecatan rekor itu dilakukan terpusat di Dekanat FIK UNNES. Ada 3 instruktur senam yang memandu gerakan dan para mahasiswa baru mengikuti gerakan tersebut secara daring. Kegiatan itu termasuk dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021.

Sekedar untuk diketahui, ospek UNNES pekan lalu sempat viral karena ada beberapa tugas yang memberatkan, contohnya tiktok challange dan rap. Panitia sudah membatalkan tugas itu dan sudah memberikan penjelasan lewat media sosial.



Simak Video "Kenalan dengan Al, Bocah 9 Tahun Peraih Rekor MURI Bidang Selam"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia