ADVERTISEMENT

5 Pebulutangkis Top Indonesia Ini Bergelar Sarjana, Salah Satunya Greysia Polii

fahri zulfikar - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 08:00 WIB
Langkah Polli/Apriyani Terhenti

Pebulutangkis ganda putri Indonesia	Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhadapan dengan ganda putri dari Korea Chang Ye Na/Lee So Hee dalam ajang BCA Indonesia Open 2017 yang digelar di JCC, Jakarta, Kamis (15/06/2017). Ganda putri Indonesia ini herus mengakui kehebatan ganda putri Korea dalam 2 set langsung 21-18 21-14. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyos Zafna/detikSport/5 Pebulutangkis Top Indonesia Ini Bergelar Sarjana, Salah Satunya Greysia Polii
Jakarta -

Berprestasi di bidang olahraga tidak menjadi beberapa atlet melupakan pendidikannya. Sederet pebulutangkis Indonesia ini bahkan mampu bergelar sarjana. Siapa saja?


Kehebatan Indonesia di olahraga bulu tangkis tak perlu diragukan lagi. Sejumlah ajang bergengsi sejak dahulu, seperti olimpiade hingga kejuaran internasional lain mampu dimenangkan.


Prestasi membanggakan itu tak lepas dari kerja keras dan perjuangan para atlet. Bahkan, hingga kini beberapa atlet bulu tangkis Indonesia sukses menduduki peringkat teratas dunia.


Berdasarkan Badminton World Federation rankings, dua pasangan ganda putra Indonesia menempati peringkat 1 dan 2 di dunia yakni Kevin/Gideon dan Hendra/Ahsan, Praveen/Melati peringkat 4 dunia ganda campuran, Anthony S Ginting peringkat 5 dunia tunggal putra, serta Greysia/Apriyani peringkat 6 dunia ganda putri.


Dari beberapa pebulutangkis top Indonesia, berikut ini yang bergelar sarjana


  • Mohammad Ahsan

Mohammad AhsanMohammad ahsan Foto: dok. PBSI


BersamaHendra Setiawan, MohammadAhsan berhasil meraih banyak kejuaraan bulu tangkis Internasional. Pasangan yang dijuluki 'The Daddies' ini menjuarai All England, Kejuaraan Selandia Baru Terbuka, Kejuaraan Swiss, China, dan lainnya.


Di balik prestasinya, ternyata Mohammad Ahsan memiliki gelar sarjana di perguruan tinggi. Ahsan merupakan lulusan Universitas Budi Luhur Jurusan Ekonomi.


  • Greysia Polii
Greysia Polii MINI CooperGreysia Polii MINI Cooper Foto: Instagram @greysiapolii


Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini ternyata tak hanya punya prestasi gemilang. Namun juga pendidikan tinggi yang telah ditamatkan.


Greysia Polii merupakan alumni dari Universitas Trisakti Jakarta jurusan D3 Perpajakan angkatan 2010. Greysia Polii berhasil menyelesaikan kuliahnya pada Oktober 2015.


  • Fajar Alfian

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2019Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2019 Foto: dok. Humas PBSI


Pasangan duet dari Muhammad Rian Ardianto ini juga berhasil menyelesaikan pendidikannya di saat sibuk menjadi atlet bulu tangkis.


Dilansir dari laman resmi Universitas Bale Bandung (Unibba), Fajar Alfian telah lulus dan menjadi Sarjana Pendidikan (S.Pd) di Program Studi Pendidikan Geografi FKIP tahun 2018.


Bahkan pada saat diwisuda, Fajar menerima penghargaan sebagai wisudawan Universitas Bale Bandung berprestasi Internasional dalam bidang olahraga bulu tangkis.


Penghargaan tersebut diberikan setelah Fajar dan Rian meraih medali perak ganda putra bulu tangkis di arena Asian Games 2018.


  • Bona Septano


Bona Septano merupakan mantan rekan duet Mohammad Ahsan yang berhasil menjadi unggulan ganda putra Indonesia pada tahun 2009 hingga 2011.


Di tengah puncak prestasinya, Bona tidak melupakan pendidikan. Adik kandung Markis Kido berhasil meraih gelar sarjana jurusan Ekonomi Manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama di Bekasi.


  • Pia Zebadiah Bernadet
Pia Zebadiah BernadetPia Zebadiah Bernadet Foto: ist (dokumentasi pribadi)


Pia Zebadiah merupakan adik dari atlet bulu tangkis Markis Kido dan Bona Septano. Prestasi terbaiknya adalah ketika menempati peringkat ke-6 dunia tunggal putri.


Sama halnya dengan kakaknya, pemenang kejuaraan Indonesia Satellite 2006 ini juga tidak melupakan pentingnya pendidikan. Pia lulus tahun 2011 dengan gelar Sarjana Ekonomi Manajemen di STIE Mulia Pratama Bekasi.



Simak Video "#TerimaKasihGreysiaPolii Menggema di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia