Salma Amalia, Perwira TNI AL dengan 15 Medali yang Dilantik Presiden Jokowi

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 09:41 WIB
Salma amalia zakaria taruna tni AL
Foto: Instagram TNI AL/Salma Amalia, Perwira TNI AL dengan 15 Medali yang Dilantik Presiden Jokowi
Jakarta - TNI Angkatan Laut (TNI AL) patut berbangga. Sosok perempuan inspiratif dari Akademi Angkatan Laut (AAL) hadir di tengah-tengah mereka.

Dialah Letda Laut Salma Amalia Zakaria. Salma merupakan figur berprestasi lulusan Taruni AAL Angkatan ke-66 yang dilantik Presiden Jokowi pada Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2021, Selasa (13/07/2021).

Dikutip dari laman Kominfo Provinsi Jatim, Salma telah mencatatkan 15 medali sepanjang karir pendidikannya di AAL, di mana 10 di antaranya merupakan peringkat pertama.

Tahun 2020 kemarin, Salma meraih juara pertama dalam kompetisi International Nautical Competition di Pakistan. Pada Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) 2019, ia mendapat empat juara pertama pada renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4x100 meter, renang gaya dada 50 meter, dan pada cabang military pentathlon.

Dirinya juga mendapat mendapatkan Dira Trengginas Emas dan Perak karena kesamaptaannya yang baik. Dan tak hanya itu, Salma memperoleh penghargaan Ati Tanggon Emas karena kepribadiannya yang baik, serta masih banyak prestasi lainnya.

Dengan deretan prestasi ini, Salma turut membuat Menteri BUMN Erick Thohir berdecak kagum. Dalam posting Instagramnya, Erick mengatakan,"Mungkin Mba Salma tidak menyadari bahwa saat ini Mba telah menginspirasi banyak perempuan di Indonesia untuk tidak takut mengejar mimpi dan memaksimalkan potensi dirinya. Tidak ada yg tidak bisa. Nothing is impossible."

Erick pun menyatakan dirinya terharu dengan bakti Salma kepada orang tuanya. Dalam posting tersebut, nampak juga cuplikan unggahan YouTube TNI Angkatan Laut di mana Salma mengatakan, "Jangan pernah menyerah. Tetap semangat. Apabila ada kemauan, pasti ada jalan."

Simak Video "Melihat Aksi Menegangkan TNI AL Saat Jaga Pulau-Laut Terpencil RI"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia