Mapres ITB 2021 Ilham Subandoro, Belum Lulus Sudah Jadi Pengusaha

Fahri Zulfi - detikEdu
Minggu, 04 Jul 2021 12:21 WIB
Mapres ITB 2021 Ilham Subandoro
Foto: ITB/Mapres ITB 2021 Ilham Subandoro.
Jakarta - Institut Teknologi Bandung (ITB) memilih Ilham Subandoro sebagai Mahasiswa Berprestasi atau Mapres 2021. ITB menjelaskan alasan memilih mahasiswa SI Manajemen tersebut sebagai pemenang kompetisi.

"Ilham dipilih karena memiliki kecerdasan komprehensif dan dapat menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill. Keterampilan ini dapat diperoleh melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler," tulis ITB di Instagramnya.

Dikutip dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PD Dikti, Ilham adalah mahasiswa angkatan 2019. Ilham masih menjalani perkuliahan di ITB, namun sudah berhasil menjadi pengusaha.

Situs ITB menjelaskan tiga bisnis yang digeluti Ilham. Bisnis tersebut adalah start up di bidang pendidikan berbasis online Pateron Indonesia, CEO Office Analyst dari Bostani, danCo-Founder CUS perusahaan scanning barcode dalam pemesanan makanan online.

"Keluarga saya selalu menekankan soal kemandirian. Bagaimana caranya menjadi insan yang mandiri, agar bisa menyelesaikan masalah sendiri, sehingga tidak bergantung kepada orang lain," kata Ilham.

Lahir di Kuningan, Jawa Barat, Ilham lahir di keluarga yang hangat dan mengutamakan kemandirian. Kondisi inilah yang membuat Ilham yakin untuk mengembangkan potensi diri dan menggeluti banyak kegiatan.

Ilham tidak hanya mengembangkan potensi akademik tapi juga non akademik. Menurutnya, untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan jejaring relasi dan koneksi yang luas. Kegiatan non akademik adalah usaha untuk memperluas relasi dan meningkatkan peluang sukses.

Beberapa kegiatan non akademik yang diikuti Ilham adalah Solve.It ITB (UKM Mahasiswa bidang penelitian dan karya tulis), Kokesma (Koperasi keluarga Mahasiswa ITB), dan KAM (Koperasi Asrama Mahasiswa). Mahasiswa ITB ini sempat tepilih sebagai Duta Baca Kuningan 2021.

Di saat senggang, Ilham melakukan hobi yang disukainya. Misal olah raga bulu tangkis, jalan-jalan, atau sekadar menonton film online. Waktu yang ada dipergunakan Ilham sebaik mungkin sesuai porsinya.

Hasilnya Ilham bisa memaksimalkan potensi akademik dan non akademik sebagai mahasiswa ITB. Sebagai informasi berikut deretan prestasi akademik Ilham:

- Juara 3 National Student Debate Competition UNESA 2019

- Juara 1 National Business Essay Competition UNTIRTA 2019

- Bronze Medal of Thailand Inventor Day (2020), Pemenang Tahap Pengembangan Terjauh Startup Ideology Challenge (2020)

- Medali Perak Sahasak Nimavum International Innovation di Srilanka (2020)

- Juara 3 Lomba Karya Tulis Riset Nasional (2020)

- Juara Lomba Riset Bisnis Nasional UPI (2020)

- Medali Emas Indonesia Inventor Day (2020)

- Juara 3 Digital Business Plan Competition (2020).

Simak Video "Bangga! Kolaborasi Kampus ITS-ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik, Ini Bentuknya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia