Buka Pameran Virtual Hardiknas, Nadiem Makarim Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 11:30 WIB
Nadiem Makarim
Foto: Dok.YouTube Kemdikbudristek
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, membuka pameran virtual Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Pameran virtual Hardiknas adalah serangkaian acara Hardiknas yang digagas Kemendikbud-Ristek.

Pameran virtual merupakan rangkaian peringatan Hardiknas 2 Mei 2021.

Menurut Nadiem, peringatan Hari Pendidikan seringkali tidak diikuti oleh refleksi yang berbuah solusi yang mengarah kepada perubahan.

"Hari Pendidikan semestinya menjadi momentum untuk mewujudkan kemerdekaan belajar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Kita bisa memulainya setiap hari sebagai Hari Pendidikan," ucap Nadiem saat membuka Pameran Virtual Hardiknas, di kanal YouTube Kemdikbud, Jumat (21/5/2021).

Nadiem melanjutkan bahwa pameran ini menjadi salah satu perwujudan untuk memulai pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. Karena para pengunjung bisa mengunjungi pameran kapan saja dan dari mana saja.

"Pameran (virtual) ini akan berlangsung mulai hari ini (21/5) sampai dengan tanggal 23 Mei 2021 akan menyajikan program merdeka belajar dari episode 1 sampai 10 serta beragam layanan dan program lainnya yang telah dikembangkan oleh Kemendikbud-Ristek," sambung Nadiem.

Program merdeka belajar adalah program yang diluncurkan sebagai upaya perluasan akses belajar kepada para peserta didik yang kesulitan dalam mendapatkan pembelajaran secara daring atau online.

Melalui pameran ini juga, Nadiem berharap bisa dijadikan pemantik untuk masyarakat secara luas agar bisa memberi dampak yang kreativitas.

"Pameran virtual Hari Pendidikan Nasional saya harap bisa menjadi pemantik inovasi sebagai layanan kementerian dan sebagai pendorong ide-ide kreatif yang dipersembahkan masyarakat untuk masyarakat," paparnya.

Di akhir sambutan Nadiem mengajak kepada masyarakat luas untuk terus semangat dan bersatu dalam mewujudkan merdeka belajar.



Simak Video "Giliran Jokowi Tanya Nadiem Tentang Filosofi Ki Hadjar Dewantara"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia