Nadiem Makarim Main TikTok, Bagi 4 Tips Sukses untuk Asah Otak & Berpikir Kritis

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 20 Mei 2021 14:00 WIB
Nadiem Makarim Main TikTok
Foto: Dok. TikTok Kemdikbud
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim muncul di TikTok Kemdikbud. Dia berbagi tips sukses untuk mengasah otak dan berpikir kritis lewat akun TikTok resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) @kemdikbud.RI.

Tips ini menjadi bagian dari semangat Merdeka Belajar yang menjadi konsep dan program pendidikan inisiatif Nadiem. Lewat konsep ini, Nadiem ingin menciptakan suasana belajar yang bahagia.

"Halo ini Mendikbud Nadiem Makarim, ingin membagikan tips sukses bagaimana cara mengasah otak dan berpikir kritis," kata Nadiem mengawali munculnya dia di TikTok.

Menurut Nadiem, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengasah otak dan berlatih berpikir kritis dengan suasana yang menyenangkan.

Berikut tips sukses untuk mengasah otak dan berpikir kritis ala Nadiem Makarim:

1. Baca Buku

Nadiem menuturkan, membaca buku setiap hari membantu kita menambah wawasan. Ia menggarisbawahi, membaca buku tidak harus selesai sekali duduk, yang penting rutin untuk membiasakan diri.

"Mau 10, 20, 50 halaman sehari, yang penting setiap hari kita membaca buku," kata Nadiem.

2. Tidak menerima mentah-mentah informasi dan langsung percaya

Nadiem menuturkan, informasi yang pertama kali kita terima harus dikritisi dengan mencari sumber terkait yang terpercaya. "Cross check lagi dan cari source lain dan bicarakan dengan orang lain," jelasnya.

3. Berteman dengan orang yang punya opini berbeda dari kita

Nadiem menjelaskan, berteman dengan orang yang punya opini berbeda dari kita memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan kita berpikir kritis. "Jangan berteman hanya dengan orang-orang yang selalu setuju dengan kita," anjurnya.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia