Cerita Pemburu Beasiswa

Kisah Inspiratif Mahasiswa RI Raih Beasiswa di Prancis: Lolos Usai 10 Kali Interview

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 20 Mei 2021 14:30 WIB
Kisah inspiratif
Foto: Dok. Muhammad Idham Habibie
Jakarta -

Muhammad Idham Habibie melalui jalan yang panjang untuk meraih beasiswa di Prancis jurusan Telekomunikasi. Bahkan Idham harus mencari beasiswa selama 3 tahun dengan berkali-kali penolakan.

Usahanya menemui hasil setelah Oktober 2020 lolos di kampus INSA Lyon (The Institut National des Sciences Appliquées de Lyon) melalui program INRIA (National Institute for Research in Digital Science and Technology).

"Perjuangan selama tiga tahun mencari-cari (beasiswa S3), akhirnya baru pada tahun 2020 diterima. Bahkan dalam kurun waktu 3 tahun saya sudah melewati 10 kali interview (beasiswa) dan baru diterima saat interview ke-10," cerita Idham kepada detikEdu (19/05) dalam Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Bahkan pria asal Depok, Jawa Barat, ini mengaku sebelum tahap interview, sudah berulang kali ditolak pada tahap-tahap awal seleksi beasiswa.

"Ada momen di mana satu minggu saya mengajukan beasiswa sebanyak 3 sampai 4 kali. Jadi bisa dibayangkan berapa kali saya ditolak selama 3 tahun. Mungkin sangat banyak," lanjut Idham.

Kisah inspiratifKisah inspiratif Foto: Dok. Muhammad Idham Habibie

Meski begitu, keinginan dan cita-citanya untuk meraih beasiswa S3 selalu bisa mengalahkan penolakan yang mencapai berkali-kali. Tekadnya selalu kuat dan tak pernah berhenti mengajukan beasiswa ke berbagai kampus di luar negeri.

"Kuncinya ya istiqomah dan belajar. Setiap hari coba daftar beasiswa satu kali, tapi waktu itu saya coba menerapkan satu minggu sekali dan kalau ditolak ya saya daftar lagi," terang Sarjana Universitas Indonesia itu.

Usahanya yang tidak berhenti tak lepas dari latar belakangnya saat menempuh pendidikan S2 di University College London melalui program pemerintah RI yakni LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia