Cerita Pemburu Beasiswa

Kisah Mahasiswa RI Raih Beasiswa di China: Dari Lulusan SMK

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 19 Mei 2021 20:00 WIB
Kisah Mahasiswa RI Raih Beasiswa di China: Dari Lulusan SMK
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Raih Beasiswa di China: Dari Lulusan SMK
Jakarta -

Kuliah S1 di China ternyata bukan hal mustahil bagi siswa SMK. Fauzan Abdul Aziz Rasyad yang sempat bersekolah di SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru, menceritakan kisahnya hingga bisa kuliah di China.

Fauzan yang lulus tahun 2014 mengawali perjalanannya dengan kerap mencari beasiswa online. Menurutnya info beasiswa sekarang sangat banyak sehingga tidak sulit. Selain itu banyak agensi yang membantu calon mahasiswa.

"Saya daftar pribadi. Setelah mencari dan coba-coba setahun akhirnya dapat beasiswa di Nanjing Forestry University," kata Fauzan saat dihubungi detikEdu pada Selasa (18/5/2021) dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

Fauzan mulai kuliah pada 2016 setelah mendapat beasiswa dari program Jiangsu Government Scholarship. Selama dua tahun, mulai dari lulus hingga kuliah, mahasiswa kelahiran 1994 ini mengisi waktu dengan mengajar bahasa Inggris.

Resmi menjadi mahasiswa S1 jurusan e-commerce yang mendapat beasiswa dari pemerintah China bukan akhir perjalanan Fauzan. Tantangan hidup di negeri tirai bambu justru baru dimulai.

Tantangan Bahasa. Klik selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia