Deretan Artis K-Pop yang Tekun Kuliah, Ada Member BTS dan Epik High

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 18 Mei 2021 16:30 WIB
‘Butter’ BTS Sukses Bikin Penasaran, Ini 10 Momen Makan Enak Member BTS
Tak hanya memikirkan panggung hiburan, sejumlah artis KPop juga tak melupakan soal pendidikan (Foto: Twitter/Instagram)
Jakarta - Meskipun sibuk di industri seni dan hiburan, banyak artis K-Pop dan K-Pop idol tetap serius sekolah dan berkuliah, lho. Tidak hanya lanjut ke jenjang sarjana atau S1, para bintang hallyu ini semangat menekuni pendidikan sebagai mahasiswa sampai jenjang S2, bahkan S3.

Salah satunya yaitu para member BTS yang berkuliah di sela aktivitas bermusik. Seperti RM, Suga, J-Hope, Jimin, Jin, dan V, kini menempuh S2 di Hanyang Cyber University.

Para Kpop idol dan trainee ini juga mendapat dorongan untuk melanjutkan studi akademik oleh perusahaan entertainment atau manajemen yang menaunginya, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Di samping menjadi pendukung mendasar kalau mereka tidak melanjutkan karier di industri hiburan, pendidikan formal juga dipandang penting untuk pertumbuhan dan pemenuhan diri.

Karena industri hiburan dinilai tidak sestabil pekerja di industri lainnya, para idol tetap menempuh pendidikan akademik setelah lulus sekolah menengah atas dan sederajat.

Bentuk pendidikan yang diambil K-pop idol bermacam-macam, mulai dari kursus pendek, kelas bahasa, sampai memburu beasiswa dan sekolah doktoral.

Jin BTS contohnya, menyelesaikan program sarjana di prodi Akting dan Seni, Departemen Film dan Seni Visual, Universitas Konkuk pada 2017.

Idol bernama lengkap Kim Seokjin ini lalu melanjutkan pendidikan S2 di Hanyang Cyber University.

Seperti Jin, RM, Suga, Jimin, J-Hope, dan V juga melanjutkan kuliah S2 di Hanyang Cyber University. Kelimanya mengambil program MBA Advertising and Media.

Sebelumnya, lima member BTS ini berkuliah di program S1 jurusan Broadcasting & Entertainment, Global Cyber University. Adapun Jungkook, maknae atau member termuda BTS, kini mengikuti jejak kakak-kakaknya dengan berkuliah di jurusan dan kampus yang sama.

Di samping member BTS, ada banyak K-pop idol dan K-pop artist yang gigih meraih gelar pendidikan sambil mengejar karier di dunia hiburan.

Para member grup legendaris BigBang juga tekun di dunia akademik. Salah satunya yaitu Taeyang BigBang, yang berkuliah di prodi Producing Performances and Images, Daejin University.

Tesis Taeyang , "The Influence of Big Bang's 2015 World Tour on the Sustainability of the Korean Wave" bisa diakses online di National Library of Korea. Tesisnya ditulis atas nama Koreanya, Do Young Bae.

Di samping Taeyang, T.O.P dan G-Dragon juga menyelesaikan program magister. T.O.P, yang bernama asli Choi Seunghyun, menempuh pendidikan S2 di prodi Teater dan Film, Dankook University.

Sementara G-Dragon menyelesaikan studi magister di prodi Retail and Distribution, Sejong University.

Adapun member Girl's Day, Sojin, bahkan menyelesaikan studi di jurusan Mechanical Engineering, Yeungnam University dengan program beasiswa. Ia menjadi satu dari 8 perempuan di jurusannya yang terdiri dari 1.000 mahasiswa.

Leader Girl's Day ini semula dikritik karena akan menempuh studi di kampus saat Girl's Day tengah sibuk. Kendati demikian, ia lalu membuktikan dirinya bisa menyeimbangkan mimpinya di dunia pendidikan dan karier di dunia hiburan.

Perempuan bernama lengkap Park Sojin ini bercerita, semula ingin menjadi dokter. Meskipun begitu, ia memantapkan diri masuk jurusan Mechanical Engineering dan selesai dengan nilai tinggi.

Kuliah di Stanford dan S3

Para artis K-Pop tidak hanya berkuliah di dalam negeri. Tablo, pentolan Epik High, berkuliah S1 dan S2 di prodi English di Stanford University, Amerika Serikat.

Gelar sarjana yang ditempuh Tablo dalam 3,5 tahun dan gelar magister di kampus prestisius ini membuat Tablo sempat dituding netizen memalsukan gelarnya di publik.

Pihak Stanford kemudian memberikan pernyataan bahwa Tablo benar menempuh pendidikan di sana seperti yang ia nyatakan di media, seperti dikutip dari laman resmi majalah alumni Stanford University.

Tablo berkuliah di Stanford dengan nama Daniel Seon Woong Lee dan dikenal sebagai Dan Lee.

Meskipun sedih dan gugup untuk kembali muncul di muka umum, Tablo kembali ke Stanford pada Mei 2011 untuk berpidato di hadapan Asian American Students' Association.

Adapun Max Changmin, member TVXQ, berkuliah di prodi Postmodern Music, Kyung Hee University, Film and Arts di Konkuk University, dan program dua degree magister dan PhD di Inha University.

Nah, itu dia para artis K-Pop dan K-Pop idol yang semangat melanjutkan kuliah hingga pendidikan tinggi. Gimana calon mahasiswa, mau masuk jurusan apa?



Simak Video "BTS Rajai iTunes Seluruh Dunia Lewat Lagu Barunya 'Permission to Dance'"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia