Studi di Luar Negeri

Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Ceko: Negara Aman bagi Para Pelajar

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 19:01 WIB
Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Ceko: Negara Aman bagi Para Pelajar
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Ceko: Negara Aman bagi Para Pelajar
Jakarta - Surya Gentha Akmal berkesempatan menempuh pendidikan S3 di Ceko. Mahasiswa jurusan Zoology and Fisheries, Faculty of Agrobiology, Food and Natural Resources di Czech University of Life Sciences Prague ini pun menceritakan keseruannya saat berkuliah di Ceko dalam program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia).

"Selama berkuliah di Ceko tidak ada kesulitan yang berarti, Universitas di Ceko termasuk di antara yang paling populer di dunia. Sistem pendidikan yang ditawarkan di Republik Ceko adalah penekanan pada kualitas, keragaman, aksesibilitas, dan relevansi," cerita Gentha pada detikEdu.

Kisah Mahasiswa RI Berkuliah di Ceko: Negara Aman bagi Para PelajarKisah Mahasiswa RI Berkuliah di Ceko: Negara Aman bagi Para Pelajar Foto: Dok Pribadi

Hal ini dikarenakan suasana studi di Ceko sangat luar biasa. Bahkan, para pelajar bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang baik hingga biaya hidup yang terjangkau. Sehingga menurutnya Ceko merupakan salah satu negara aman bagi pelajar.

"Memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik untuk ditelusuri, lokasi yang strategis, keindahan kota yang luar biasa, pusat destinasi wisata dunia, dan menjadi negara yang aman bagi para pelajar," papar pria yang juga ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Ceko tersebut.

Gentha sendiri memperjuangan beasiswa ini hampir satu tahun lamanya, yakni dari tahun 2019 dan berangkat ke Ceko pada September 2020. Walaupun kala itu tengah pandemi, kondisi tersebut tidak menghalangi keinginannya untuk menuntut ilmu.

Sebab, Gentha ingin sekali membangun relasi di tempat yang baru. Serta, ingin melihat berbagai macam pemikiran dari banyak orang guna menambah wawasannya.

"Alasan ingin kuliah di luar negeri adalah membangun jaringan baru di tempat studi, membuka pola pikir dan cakrawala yang lebih luas, meningkatkan kompetensi dan kemampuan, dan menjadi 'warga dunia' tanpa batas negara," papar Gentha.

Perkuliahan di Masa Pandemi dan Tips Kuliah. Klik selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Usai AS, Giliran Ceko Usir Diplomat Rusia"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia