Lebaran di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Korea : H-1 Lebaran Masih Sidang Tesis

Rahma Harbani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 13:32 WIB
Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Korea : H-1 Lebaran Masih Sidang Tesis
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Korea : H-1 Lebaran Masih Sidang Tesis
Jakarta -

Rayhan Hanif Usamah adalah mahasiswa S2 di Department of Mechanical Engineering, Kunsan National University, Korea Selatan. Ia menceritakan pengalamannya selama berlebaran di Korea Selatan yang bahkan tidak pernah mengenal kata hari libur Lebaran.

Menurutnya, suasana lebaran di Korea Selatan sangat jauh berbeda dengan suasana lebaran di Indonesia. Selama 4 tahun mengenyam pendidikan di Korea Selatan, ia bahkan tidak pernah merasakan libur sebelum, sesudah, bahkan saat hari lebaran.

"Jangankan lebaran, puasa saja mereka (pihak kampus) tidak tahu. Jadi, boro-boro mereka meliburkan ya," tutur Rayhan pada detikEdu dalam Program Lipsus detikcom dengan PPID (PPI Dunia), Minggu (17/5/2021).

Bahkan, tepat sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri pun Rayhan masih dijadwalkan untuk melaksanakan sidang tesis di kampusnya.

"Kebetulan kemarin habis menyelesaikan defense (sidang tesis), baru kemarin (tepatnya) H-1 lebaran," ujarnya sambil tertawa.

Selain disebabkan dengan ketidaktahuan masyarakat Korea soal puasa atau pun lebaran, jumlah masyarakat muslim di tempatnya tinggal juga terbilang sedikit.

Oleh karena itu, Rayhan beserta 12 mahasiswa muslim Indonesia lainnya menginisiasi sholat Idul Fitri sendiri di lapangan belakang kampus mereka.

"Karena kita kan bingung ke Itaewon (atau) ke Seoul jauh nih, ya udah gimana agar tetap sholat Id, kita inisiasikan dengan ceramah dan sholat Id sendiri di belakang kampus," cerita Rayhan.

Sebenarnya, saat hari lebaran pun masing-masing dari mahasiswa tersebut masih memiliki jadwal kuliah, ujian, atau pun jadwal kerja sebagai asisten laboratorium pada pukul 08.00 KST.

Sebab itulah, sholat Idul Fitri yang dilakukan Rayhan dan teman-temannya hanya berlangsung kurang lebih 1 jam dan dimulai pada pukul 07.00 KST.

"Tapi setelah itu, kita masih harus kuliah jam 8 pagi. Sholat Id (mulai) jam 7 pagi. Jadi hanya sejam, langsung bawa tas terburu-buru untuk masuk kuliah," imbuhnya.

Namun, malam saat hari raya Idul Fitri, Rayhan beserta 12 mahasiswa lainnya tersebut mengadakan pertemuan di salah satu rumah mahasiswa. Pertemuan ini guna menciptakan kembali suasana lebaran selepas menyelesaikan jadwal mereka selama hari Lebaran.

Dalam pertemuan tersebut mereka saling bercerita perihal perkuliahan masing-masing atau sekadar saling melempar candaan bersama yang dirindukan saat di Indonesia.

Kisah Mahasiswa RI Lebaran di Korea : H-1 Lebaran Masih Sidang TesisKisah Mahasiswa RI Lebaran di Korea : H-1 Lebaran Masih Sidang Tesis Foto: Dok Pribadi

Suasana Lebaran di Korea Selatan. Klik selanjutnya>>



Simak Video "Korea Selatan Cetak Rekor Lagi Tambahan Kasus Harian Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia